Pages

Subscribe:

Selasa, 09 Desember 2014

APEC - Asia-Pacific Economic Cooperation

  APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.

Organisasi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) adalah forum dan badan konsultasi ekonomi regional biasa pada masa awal berdirinya. Melalui perkembangan selama belasan tahun, APEC berangsur-angsur telah menjadi mekanisme kerja sama ekonomi antar pemerintah yang paling tinggi tingkatnya di kawasan Asia-Pasifik, jembatan penting yang menghubungkan kedua pantai Pasifik dan arena kerja sama antar anggota.
Pada tahun 1980-an, situasi internasional cenderung mereda dengan berakhirnya perang dingin, kecenderungan globalisasi ekonomi, liberalisasi perdagangan dan investasi serta pengelompokan regional semakin menjadi arus. Di bawah latar belakang percepatan pengintegrasian ekonomi Eropa, terbentuknya untuk tingkat awal Zona Perdagagan Bebas Amerika Utara (Nafta) dan meningkatnya proporsi ekonomi kawasan Asia dalam ekonomi dunia, mantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke pada Januari tahun 1989 mengusulkan penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri kawasan Asia-Pasifik untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi antara satu sama lain. Usul tersebut mendapat tanggapan positif Amerika, Kanada, Jepang dan Asean. Pertemuan pertama tingkat menteri APEC diadakan di Canbera, ibukota Australia pada tanggal 6 dan 7 November tahun 1989, menandakan berdirinya APEC. Pertemuan tingkat menteri ke-3 APEC pada bulan November tahun 1991 menerima baik Deklarasi Seoul di ibu kota Korea Selatan tersebut dengan menetapkan secara resmi asas dan target APEC yakni saling bergantung, kepentingan bersama, mempertahankan mekanisme perdagngan multilateral yang terbuka dan mengurangi pagar perdagangan regional.
Juni tahun 1993, APEC menjadi forum resmi, kegiatannya dibantu oleh sekretariat. Pembahasan masalah menggunakan pendekatan konsensus, kerja sama terpusat di bidang ekonomi, antara lain liberalisasi perdagangan dan investasi serta kerja sama ekonomi dan teknologi. Jumlah total penduduk 21 anggota APEC tercatat 2,5 miliar, merupakan 45% jumlah total penduduk dunia; Nilai total PDB-nya di atas 19 triliun dolar AS, merupakan 55% PDB dunia; Nilai perdagangannya di atas 47% nilai perdagangan dunia. APEC memiliki kedudukan cukup berbobot dalam kegiatan ekonomi global.

November tahun 1991, Tiongkok secara resmi menjadi anggota APEC sebagai negara berdaulat, sedang Taibei Tiongkok dan Hong Kong (menggunakan nama Hong Kong Tiongkok sejak tanggal 1 Juli tahun 1997) resmi menjadi anggota APEC atas nama ekonomi regional. Kini APEC telah mempunyai 21 anggota yakni Australia, Brunei, Kanada, Cili, Tiongkok, Hong Kong Tiongkok, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taibei Tiongkok, Thailand, Amerika Serikat dan Vietnam. Sekretariat Asean, Dewan Kerja Sama Ekonomi Pasifik dan Forum Negara Kepulauan Pasifik sebagai peninjau APEC boleh menghadiri pertemuan dan kegiatan APEC tingkat menteri dan tingkat yang lebih rendah. Penerimaan anggota baru harus disetujui secara bulat oleh semua anggota melalui musyawarah. Pertemuan pemimpin APEC di Vancouver pada tahun 1997 mengumumkan APEC memasuki masa konsolidasi selama 10 tahun dan untuk sementara tidak menerima anggota baru.

Bahasa kerja resmi APEC adalah bahasa Inggris. Melalui perkemgbangan selama bertahun-tahun, telah terbentuk mekanisme kerja berbagai tingkat seperti pertemuan informal pemimpin, pertemuan tingkat menteri, dan pertemuan pejabat senior serta komite, tim kerja panel dan sekretariat yang dibawahinya. Bidang kerja sama APEC meliputi liberalisasi perdagangan dan investasi, kerja sama ekonomi dan teknologi, dialog kebijakan ekonomi makro dll. Di antaranya yang paling penting adalah pertemuan informal pemimpin. Deklarisasi pemimpin yang diterima baik pertemuan informal pemimpin adalah dokumen program penting sebagai pegangan berbagai pekerjaan APEC.
Lambang APEC yang mulai digunakan sejak tahun 1991 berbentuk bola bumi berwarna hijau, biru dan putih. Lambang tersebut tidak saja mewakili APEC sebagai organisasi kerja sama ekonomi regional yang penting itu, juga wewakili harapan kawasan Asia-Pasifik. Lambang itu mengandung makna: dengan menggunakan Pasifik dari paro bumi tersebut untuk mewakili ekonomi APEC, warna hijau dan biru melambangkan kemakmuran, kesehatan dan kesejahteraaan yang didambakan oleh rakyat Asia-Pasifik, warna putih melambangkan perdamaian dan kestabilan; bayangan di pinggiran warna hijau melambangkan prospek dinamis pembangunan dan pertumbuhan di kawasan Asia-Pasifik; dan di bagian tengah adalah huruf APEC warna putih.


APEC saat ini memiliki 21 anggota, kebanyakan adalah negara yang memiliki garis pantai ke Samudra Pasifik.

KTT APEC diadakan setiap tahun di negara-negara anggota. Pertemuan pertama organisasi APEC diadakan di Canberra, Australia pada tahun 1989.
APEC menghasilkan "Deklarasi Bogor" pada KTT 1994 di Bogor yang bertujuan untuk menurunkan bea cuka hingga nol dan lima persen di lingkungan Asia Pasifik untuk negara maju paling lambat tahun 2010 dan untuk negara berkembang selambat-lambatnya tahun 2020.
Pada tahun 1997, KTT APEC diadakan di Vancouver, Kanada. Kontroversi timbul ketika kepolisian setempat menggunakan bubuk merica untuk meredakan aksi para pengunjuk rasa yang memprotes kehadiran Soeharto yang menjabat sebagai presiden Indonesia pada saat itu.
Pada tahun 2003, kepala organisasi Jemaah Islamiyah Riduan Isamuddin alias Hambali berencana melancarkan serangan pada KTT APEC di Bangkok, Thailand. Hambali ditangkap di kota Ayutthaya oleh kepolisian setempat sebelum ia dapat melaksanakan serangan itu.
Pada tahun 2004, Chili menjadi negara Amerika Selatan pertama yang menjadi tuan rumah KTT APEC.



 Anggota APEC

Nama Anggota  ↓ Tahun Diterima  ↓
Flag of Australia.svg Australia 1989
Flag of Brunei.svg Brunei Darussalam 1989
Flag of Canada.svg Kanada 1989
Flag of Indonesia.svg Indonesia 1989
Flag of Japan.svg Jepang 1989
Flag of South Korea.svg Korea Selatan 1989
Flag of Malaysia.svg Malaysia 1989
Flag of New Zealand.svg Selandia Baru 1989
Flag of the Philippines.svg Filipina 1989
Flag of Singapore.svg Singapura 1989
Flag of Thailand.svg Thailand 1989
Flag of the United States.svg Amerika Serikat 1989
Flag of the Republic of China.svg Republik Cina 1991
Flag of Hong Kong.svg Hong Kong 1991
Flag of the People's Republic of China.svg RRC 1991
Flag of Mexico.svg Meksiko 1993
Flag of Papua New Guinea.svg Papua New Guinea 1993
Flag of Chile.svg Chili 1994
Flag of Peru.svg Peru 1998
Flag of Russia.svg Russia 1998
Flag of Vietnam.svg Vietnam 1998




*******

Paulo Freire Pendidikan untuk Pembebasan


Pada 1946, Freire diangkat menjadi Direktur Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dari Dinas Sosial di Negara bagian Pernambuco (yang ibu kotanya adalah Recife). Selama bekerja itu, terutama ketika bekerja di antara orang-orang miskin yang buta huruf,

Gatotkaca, Kesendirian Seorang Panglima

Bangsa Dewa yang kala itu mendapat rongrongan wibawa dari Prabu Kalapracona, raja negri Gilingwesi. Gatotkaca pun dibuat cepat dewasa, agar segera bisa menjadi jago bangsa Dewa menghadapi serangan bangsa Gilingwesi

Tan Malaka, Sang Pejuang Yang Disingkirkan Negara

”seorang yang mahir dalam revolusi”. Tapi hidupnya berakhir tragis di ujung senapan tentara republik yang didirikannya. Ia seorang yang telah melukis revolusi Indonesia dengan bergelora. Namanya Tan Malaka, atau Ibrahim Datuk Tan Malaka,

1) Agresi Militer Pertama Belanda (21 Juli 1947-4 Agustus 1947)

Pada 21 Juli 1947 Belanda melancarkan serangan secara serentah terhadap daerah daerah republic. Serangan ini diarahkan ke Pulau Jawa dan Sumatra. Serangan militer tersebut oleh pihak republic dikenal sebagai Agresi Militer Pertama Belanda.

0 comments: