Pages

Subscribe:

Kamis, 30 Juli 2015

Cara Sederhana Menanam Cabe Rawit

Masterz-Seo | Cara Sederhana Menanam Cabe Rawit ~ Ditengah harga cabai yang kian meroket hingga menembus kisaran harga 80rb per kilo kini banyak para petani yang mencoba membudidayakan tanaman cabe khususnya cabe rawit. Harga jualnya dipasaran sangat fluktuatif artinya bila harga jual sedang mahal bisa sangat mahal hingga mencapai 100rb per kg dan jika harga jual sedang murah atau pada saat panen raya harganya bisa benar benar anjlok hingga 3rb per kg. Sebenarnya tanaman cabe tidak mengenal musim hanya saja bila pada musim penghujan tanaman ini tidak perlu diairi hanya mengandalkan air hujan. Dikampung tempat saya tinggal cabe dapat dibudidayakan dengan cara sederhana tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar juga. Budidaya tanaman cabe sangat gampang dan tidak memerlukan banyak biaya. Hanya sekali pemupukan saja setelah masa tanam dilahan (setelah pamindahan dari tempat persemaian) sudah cukup.

Cara Menanam Cabai Rawit


Cara Menanam Cabe Rawit
1. Menyiapkan lahan tanam bibit.
   Cangkulah tanah untuk persemaian bibit sementara. Proses ini tidak memerlukan lahan luas. Taburkan  diatasnya pupuk kandang yang sudah kering.

2. Pemilihan Bibit.
   pemilihan bibit dilakukan sebelum persemaian bibit. Pilihan cabe yang tua dan sehat. Jemur ditengah terik matahari langsung hingga benar benar kering kurang lebih 10 hari.
Setelah benar benar kering sempurna tumbuk cabe pelan pelan jangan sampai bijinya pecah. Pisahkan dari kulitnya.

3. Tahapan persemaian
    Sebar biji cabe diatas lahan tanam bibit. Tutuplah atasnya dengan jerami kering. Bertujuan agar biji cabai tidak mencelat ketika disiram atau hujan deras. Sirami pada pagi dan sore. Setelah biji cabe berkecambah dan mulai keluar daun angkat lah jerami. Untuk pemeliharaan lakukan penyiraman 1 sampai 2 x sehari pagi dan sore.

4. Penanaman di Lahan
   Pada proses ini cabe dipindahkan dari media persemaian ke lahan. Biasanya dilakukan pada saat turun hujan atau sehabis hujan Agar tidak layu.

5. Perawatan
   Lakukanlah perawatan dengan mencabuti rumput di sekitarnya.beri pupuk pada usia satu bulan. Caranya letakkan pupuk di sebelah batang cabe kurang kira kira 1 sendok makan. Bila tanaman cabe anda terserang hama semprotlah dengan pestisida.

6. Panen
   Cabe dapat dipanen sekitar umur 3 bulan. Bisa dipanen 5 hari sekali. Pada awal awal panen cabe yang dapat dipanen masih hijau(untuk lalapan) belum bisa dipanen sampai merah dikarenakan cabe masih banyak rontok dan belum tua benar. Cabe Sudah dapat dipanen merah  setelah panen ke 6 dan seterusnya.

Saran Artikel : Cara Budidaya Jamur Tiram

Demikian sedikit tips tentang cara menanam cabe rawit, semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

0 comments: