Pages

Subscribe:

Selasa, 30 Juli 2013

SEJARAH ISLAM DI BURMA

SEJARAH ISLAM DI BURMA(MYANMAR)

SEJARAH KEDATANGAN ISLAM DI MYANMAR(BURMA)
Generasi Muslim Pertama di Burma
Generasi awal Muslim yang datang ke delta Sungai Ayeyarwady Burma, yang terletak di pantai Tanintharyi dan di Rakhine bermula pada abad ke 9, sebelum pendirian imperium pertama Burma pada tahun 1055 AD oleh Raja Anawrahta dari Bagan. Keberadaan orang-orang Islam dan da’wah Islam pertama ini didokumentasikan oleh para petualang Arab, Persia, Eropa, dan Cina abad ke 9. Orang-orang Islam Burma merupakan keturunan dari orang-orang Islam yang menetap dan kemudian menikahi orang-orang dari etnis Burma setempat. Orang-orang Islam yang tiba di Burma umumnya sebagai pedagang yang kemudian menetap, anggota militer, tawanan perang, pengungsi, dan korban perbudakan. Bagaimanapun juga , ada diantara mereka yang mendapat posisi terhormat sebagai penasehat raja, pegawai kerajaan, penguasa pelabuhan, kepala daerah, dan ahli pengobatan tradisional.
Muslim Persia tiba di utara Burma yang berbatasan dengan wilayah Cina Yunnan sebagaimana tercatat pada Chronicles of China pada tahun 860 AD. Orang-orang Islam Burma kadang-kadang di sebut Pathi, sebuah nama yang dipercayai berasal dari Persia. Banyak perkampungan di utara Burma dekat dengan Thailand tercatat sebagai penduduk Muslim, dengan jumlah orang-orang Islam yang sering melebihi penduduk lokal Burma. Dalam sebuah catatan, Pathein dikatakan mendiami Pathis, dan pernah dipimpin oleh Raja India Muslim pada abad ke 13. Para pedagang Arab juga tiba di Martaban, Margue, dan ada pula perkampungan Arab di kepulauan Meik.
Selama pemerintahan Raja Bagan Narathihapate (1255-1286), pada masa perang pertama orang Cina dan Burma, Muslim Tartar Kublai Khan menyerang Kerajaan Kafir dan menduduki wilayah hingga ke Nga Saung Chan. Pada tahun 1283, Kolonel Nasruddin dari Turki menduduki wilayah hingga ke Barnaw (Kaungsin). Orang Turki (Tarek) disebut Mongol, Manchuria, Mahamaden atau Panthays.


Pelaut dan Pedagang Muslim
Bermula dari abad ke 7, para pedagang Arab datang dari Madagaskar melakukan perjalanan ke Cina melalui kepulauan India Timur, berhenti di Thaton dan Martaban. Orang laut Bago, mungkin menjadi Muslim, juga tercatat oleh para sejarawan Arab abad ke 10. Mengikuti perjalanan ini, pelaut dan tentara Muslim Burma dilaporkan telah melakukan perjalanan ke Melaka selama pemerintahan Sultan Parameswara pada abad ke 15. Dari abad ke 15 hingga 17, ada beberapa catatan dari para pelaut, pedagang, dan penduduk Muslim Burma tentang seluruh pesisir Burma : pantai Arakan, (Rakhine), delta Ayeyarwady dan pantai dan kepulauan Tanintharyi. Pada abad ke 17, Muslim menguasai perdagangan dan menjadi kuat. Mereka diangkat menjadi Gubernur Mergui, Raja Muda Propinsi Tenasserim, Penguasa Pelabuhan, Gubernur Pelabuhan dan Shahbandar (para pegawai pelabuhan senior)
Para Tawanan Perang Muslim
Burma memiliki sejarah panjang tentang pendudukan oleh para tawanan perang Muslim. Pada tahun 1613, Raja Anaukpetlun menangkap Thanlyin atau Syriam. Para prajurit upahan Muslim India di tangkap dan kemudian menetap di Myedu, Sagaing, Yamethin dan Kyaukse, wilayah utara Shwebo. Raja Sane (Say Nay Min Gyi) membawa beberapa ribu tawanan perang Muslim dari Sandoway dan menetap di Myedu pada tahun 1707 AD. Tiga ribuan Muslim dari Arakan menjadi pengungsi dibawah Raja Sane pada tahun 1698-1714. Mereka terbagi dan bertempat tinggal di Taungoo, Yamethin, Nyaung Yan, Yin Taw, Meiktila, Pin Tale, Tabet Swe, Bawdi, Syi Tha, Syi Puttra, Myae Du dan Depayin. Dekrit Raja ini telah disalin dari Perpustakaan kerajaan di Amarapura pada tahun 1801 oleh Kyauk Ta Lone Bo. Pada pertengahan abad 18, Raja Alaungpaya menyerang Assam dan Manipur India, kemudian membawa banyak orang Islam untuk menetap di Burma. Orang-orang Islam inilah yang kemudian berasimilasi untuk membentuk cikal bakal Muslim Burma. Selama kekuasaan raja Bagyidaw (1819-1837), Maha Bandula menyerang Assam dan membawa kembali 40.000 tawanan perang, kebanyakan dari mereka adalah kaum Muslimin.
Keadaan umat islam di Myanmar
Penduduk Islam di Myanmar merupakan kumpulan minoritas Muslim yang terbesar di Asia Tenggara. Mereka adalah penduduk yang memiliki nasib sama dengan penduduk Muslim di Thailand dan Filipina. Pemerintah Myanmar memperlakukan Muslim secara kejam, Muslim diusir dari negerinya, harta dirampas dan pemerintah juga menafikan hak kewarganegaraan mereka.
a. Proses Islamisasi
Islam masuk ke Myanmar khususnya wilayah Arakan adalah pada abad ke-1 H/7 M yang dibawa oleh para pedagang Arab yang datang ke Akyab, ibu kota Arakan. Namun Muslim di Arakan dalam proses islamisasi memakan waktu yang lama untuk mewujudkan suatu kekuasaan, mereka baru dapat mendirikan Negara Islam Arakan pada abad ke-8 H/14 M. Proses penyebaran Muslim dari pantai Arakan kemudian lanjut ke selatan dan masuknya Islam ke Myanmar tidak hanya dibawa oleh para pedagang Arab, Muslim Malaysia dan India juga mempunyai peranan yang penting dalam penyebaran Muslim di Myanmar.
Muslim Burma terdiri dari dua kelompok etnik, yaitu yang berasal dari Indo Pakistan mereka hidup terutama di kota-kota besar mempunyai hubungan yang kuat dengan anak benua India dan yang lainnya berasal dari orang Burma (penduduk asli). Kemudian hukum keluarga Muslim berlaku dan sekitar 5.000 Muslim pergi melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Di kota-kota besar, ada beberapa mesjid dan al-Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Burma oleh suatu tim Muslim yang benar-benar menguasai materi tentang itu.
Kekuasaan Islam di Arakan berjalan lebih kurang selama 350 tahun dengan 48 orang sultan yang memerintah silih berganti, sehingga dijajah oleh Burma pada tahun 1784 dan penjajahan ini berlanjut dengan diambil alih oleh British pada tahun 1822. Pada tahun 1880-an orang-orang Islam di India berbondong-bondong hijrah ke Myanmar, sehingga jumlah Muslim semakin meningkat di Myanmar.
Pada tahun 1948 British memberikan kemerdekaan kepada Myanmar, dengan demikian Arakan daerah kekuasaan Islam menjadi daerah kekuasaan Myanmar. Hal ini membuat Muslim tidak senang, karena mereka diperlakukan secara kejam oleh pemerintah bahkan kewarganegaraan mereka dinafikan. Kondisi ini telah membuat Muslim menuntut agar mereka diberi otonomi untuk menjalankan pemerintahan sendiri.
b. Muslim Setelah Kemerdekaan Myanmar
Setelah Myanmar merdeka dari British pada tahun 1948, pemerintah Myanmar senantiasa waspada terhadap kedudukan Muslim yang penting di ibu kota Negara. Kemudian Muslim juga banyak yang mempunyai jabatan penting di pemerintahan disamping keterlibatan mereka dalam urusan perniagaan yang membuat Muslim memperoleh kemewahan dari hasil perdagangan. Hal ini telah melahirkan sentimen bagi pemerintah Myanmar dan akhirnya terjadilah kontroversi antara Muslim dengan orang Myanmar yang berakibat banyaknya nyawa orang-orang Islam yang menjadi korban.
Rasa sentimen yang begitu mendalam juga menyebabkan munculnya tindakan keganasan dari pemerintah Myanmar terhadap orang Muslim tanpa perikemanusiaan. Tahun 1930-an merupakan permulaan era kemelaratan dan penindasan bagi orang-orang Islam di Myanmar. Beberapa serangan kejam telah dilakukan terhadap Muslim pada tahun 1931 sampai 1938 dan serangan yang paling ganas serta kejam telah terjadi di Yangon dan Mandanay. Di perkirakan dalam peristiwa tersebut sebanyak 200 orang Muslim terbunuh akibat keganasan tentara Myanmar.
Tanah-tanah Muslim dirampas, pemerintah dengan masyarakat Buddha juga menindas masyarakat Islam dengan memeras uang dan memaksa mereka memberi opeti serta memenjarakan mereka dengan sewenang-wenang. Sebagian umat Islam di usir dan tidak boleh kembali kekampung halamannya. Menjelang tahun 1971 dan tahun-tahun berikutnya, kekejaman yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap Muslim terus meningkat tajam. Pada tahun 1977 pemerintah Myanmar melancarkan Operasi Raja Min yang juga dikenal dengan Operasi Naga Min, yaitu operasi benci untuk memeriksa semua penduduk dan mengklasifikasikan mereka kepada dua kategori, yaitu penduduk Burma dan rakyat asing.
Orang-orang Buddha mulai di tempatkan di daerah-daerah Muslim dan mesjid-mesjid dibakar, gedung-gedung perniagaan milik orang-orang Islam di kota Akyab juga dibakar. Orang-orang Islam diejek, dipukul dan dibunuh sewenang-wenang, wanita-wanita diperkosa serta sebagian besar dipaksa menikah dengan tentara Myanmar yang beragama Buddha. Kondisi yang lebih parah lagi pada tahun 1964 orang Muslim tidak dibenarkan lagi melaksanakan ibadah haji, walaupun pada tahun 1980 kebijakan itu dicabut tetapi perbelanjaannya sangat mahal dan terpaksa melalui berbagai prosedur yang sangat rumit.
c. Perlawanan Muslim
Perlakuan pemerintah Myanmar yang tidak baik terhadap Muslim telah membangkitkan semangat Muslim untuk melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap pemerintah Myanmar. Apalagi keinginan otonomi tidak mendapat sahutan dari pemerintah yang sangat kejam, semakin membuat Muslim sadar karena mereka sudah diotak atik oleh pemerintah sesuai seleranya. Puncak perlawanan Muslim terjadi pada tahun 1948 berlanjut sampai tahun 1954 yang dikenal dengan Pemberontakan Mujahid yang dipimpin oleh Kasim. Namun Kasim akhirnya tertangkap, tetapi perjuangan umat Islam terus berjalan sampai tahun 1961 dalam memperjuangkan kemerdekaan dari pemerintah.
Perjuangan yang pada mulanya sempat memudar akhirnya pada dekade 1970-an dan 1980-an kembali aktif. Semenjak itu, perlawanan umat Islam tidak henti-hentinya terhadap pemerintah yang selalu bertindak zalim terhadap umat Islam. Kemudian semenjak tahun 1980, Muslim dari daerah lain dipaksa keluar dari Myanmar dengan penganiayaan yang tidak kalah pelaknya dan ribuan Muslim lari ke Thailand dan Malaysia.
d. Kondisi Sosial dan Pendidikan Muslim Myanmar
Kondisi Muslim di Myanmar saat ini, menurut muslim mereka sangat teraniaya dengan perlakuan pemerintah yang sangat kejam, dan mereka merasa tidak mendapatkan tempat yang sama dalam urusan pekerjaan. Adapun dalam bidang pendidikan, mereka kalau sekolah di sekolah umum tidak akan mendapatkan pelajaran agama, sedangkan kalau sekolah di sekolah agama (Islam) mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja di pemerintahan sebagaimana alumni pelajar umum lainnya. Namun hal yang tidak dilihat oleh muslim adalah bagaimana sebenarnya pemerintah telah berusaha memfasilitasi muslim dengan baik, baik dalam masalah pendidikan maupun dalam masalah perlakuan pemerintah.
Fasilitas pendidikan yang didapat oleh muslim adalah pemerintah mendirikan sekolah dan membantu untuk pembangunan mesjid. Semua ini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya pemerintah sangat memperhatikan masalah pendidikan warga tanpa membedakan antara pemeluk agama yang satu dengan lainnya. Kemudian muslim beranggapan bahwa pemindahan penduduk yang beragama Buddha ke daerah muslim dianggap sebagai program pemoritasan pemerintah terhadap muslim. Padahal secara kajian statistik program yang dijalankan oleh pemerintah adalah dalam rangka pemerataan penduduk dan menghindari kebanyakan/ledakan penduduk pada suatu wilayah tertentu.
kelompok Islam peduli terhadap nasib Rohingya(myanmar)
Chiang Mai (Mizzima) – organisasi Muslim dari ASEAN telah mendesak pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah Rohingya di Burma dan konflik di Thailand selatan dan Filipina sans operasi militer.
Sarawut Sriwanyot, Ketua Dewan Organisasi Muslim Thailand mengatakan hari Sabtu bahwa pertemuan bekerjasama dengan Komite Nusantara untuk Keadilan dan Perdamaian, Penang dan LSM berbasis di Jakarta dan 45 organisasi sipil dari Malaysia, Indonesia, Burma, Filipina dan Thailand fokus pada tiga masalah konflik terhadap etnis minoritas, termasuk di negara Rohingya Arakan, Burma.
“Kami prihatin tentang nasib orang Rohingya di Burma, yang menolak kewarganegaraan oleh pemerintah Burma. Mereka menghadapi pelanggaran hak asasi manusia seperti etnis minoritas lain, yang telah meninggalkan negeri karena kurangnya kesempatan kerja. Kemudian mereka pergi dengan kapal untuk negara-negara lain ASEAN, khususnya Indonesia dan Malaysia, “katanya.
Dia mengatakan pertemuan itu sepakat “untuk memanggil Rohingya hak-hak sebagai warga negara Burma Mereka harus memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pembangunan demokrasi di negara dengan cara yang sama dengan mayoritas umat Buddha dan kelompok etnis lainnya.. Kami berharap bahwa ASEAN akan mengusulkan ini ke rezim Burma, “menurut sebuah laporan di situs web berita Thailand Prachatai pada hari Senin.
Pertemuan dua hari berjudul “Peoples Call untuk Keadilan dan Perdamaian”, yang diselenggarakan oleh Dewan Organisasi Muslim Thailand dan Inisiatif Nusantara untuk Keadilan dan Perdamaian (Nadi), Penang dan LSM berbasis di Jakarta di Pusat Islam, Bangkok, fokus pada kampanye militer, dampaknya, dan situasi manusia dari Rohingyas hak di Arakan, Burma, Muslim di Yala, Narathiwat, Patani dan Satun, Thailand Selatan dan The Bangsamoro di Mindanao, Filipina.
Itu akan diserahkan kepada pemerintah Thailand dan negara-negara anggota ASEAN lainnya, mendesak mereka untuk menghindari opsi militer untuk penyelesaian konflik mendukung strategi damai dan holistik untuk penyelesaian sengketa, sosial-ekonomi pembangunan dan pemberdayaan politik.
para pemimpin ASEAN akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN berikutnya di 15 provinsi Prachaub Petchburi Kirikhan dan Thailand, dari 21 -25 Oktober 2009, di tengah-tengah keamanan yang ketat oleh pemerintah Thailand. There is apprehension that anti-government groups would disrupt the meeting as had happened in April. Ada kekhawatiran bahwa kelompok-kelompok anti-pemerintah akan mengganggu pertemuan seperti yang terjadi pada bulan April.
Tuntutan lain termasuk: promosi keterlibatan dan konsultasi antara Amerika dan orang-orang mereka, kebutuhan untuk hidup sampai tanggung jawab bersama untuk resolusi konflik dan perselisihan dan menghindari opsi militer dalam menyelesaikan masalah, menurut pernyataan yang dikeluarkan hari Sabtu.
Mereka juga meminta resolusi segera penderitaan dari Rohingyas, kerusuhan Thailand Selatan dan perjuangan Bangsamoro di Filipina melalui konsultasi bersama dan upaya kolektif antara semua pemerintah ASEAN berdasarkan keadilan dan hak-hak sah rakyat.
Tentang pengungsi dan pekerja migran yang mereka sebut pada pemerintah untuk meratifikasi Konvensi 1951 Berkaitan dengan Status Pengungsi, Protokol 1967 perusahaan, 1954 Konvensi Mengenai Status Orang Tanpa negara, Konvensi 1961 tentang Pengurangan Kewarganegaraan dan Konvensi Internasional tahun 1990 Perlindungan Hak Semua Buruh Migran dan Anggota Keluarganya.
Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Burma
Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Burma (dicatat dalam Hmannan Yazawin atau Glass Palace Chronicle ) adalah Byat Wi selama pemerintahan Mon, seorang Raja Thaton, sekitar tahun 1050 AD. [1] Dia dibunuh bukan karena dia seorang Muslim, tetapi karena raja mengkhawatirkan kekuatannya.
Shwe Byin saudara dieksekusi
Kedua anak kakak Wi Byat Byat Ta, yang dikenal sebagai saudara Byin Shwe, adalah anak-anak dihukum mati karena mereka menolak untuk mematuhi perintah kerja paksa raja, mungkin karena kepercayaan agama mereka. [2] [3]
Tetapi yakin bahwa mereka membunuh bukan karena mereka Muslim atau karena mereka gagal untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan pagoda tetapi karena raja atau orang berjalan di koridor kekuasaan di istana khawatir tentang popularitas dan keterampilan. Ini jelas tercatat dalam Istana Kaca Chronicle dari Raja-raja Burma bahwa mereka tidak lagi dipercaya.
Pembunuhan Yaman Kan Nga
Rahman Khan (Nga Yaman Kan) adalah muslim lain dibunuh karena alasan politik, karena pengkhianatan kepada raja sendiri dan jelas bukan sebagai penganiayaan agama. Selama waktu perang, pahlawan nasional terkenal Raja Kyansittha dikirim pemburu sebagai penembak jitu untuk membunuh dia. [5] [6]

Pembantaian di Arakan
Lain pembunuhan massal Muslim di Arakan mungkin bukan karena alasan religius, tapi mungkin karena hanya politik dan keserakahan. Shah Shuja adalah putra kedua dari Kaisar Mogul Shah Jahan yang membangun Taj Mahal yang terkenal dari India. Shah Shuja kehilangan kepada saudaranya dan melarikan diri dengan keluarganya dan tentara ke Arakan. Raja Arakan Sandathudama (1652-1687 M), memungkinkan dia untuk menetap di sana. Dia ingin membeli kapal untuk pergi ke Mekah dan bersedia membayar dengan perak dan emas. Tetapi raja Arakan meminta putrinya dan juga menjadi serakah karena kekayaannyaAkhirnya setelah upaya gagal diduga pada pemberontakan sultan dan semua pengikutnya tewas. Orang-orang terlihat memiliki jenggot, simbol Islam, dipenggal kepalanya, bukan karena mereka Muslim, tetapi karena mereka dengan mudah diidentifikasi dari orang lain dengan fitur ini. Wanita itu dimasukkan ke dalam penjara dan membiarkan mereka mati karena kelaparan. Oleh karena itu, pembantaian ditargetkan pada pengungsi muslim dari India bukan karena agama mereka, Islam, tetapi untuk alasan ekonomi atau politik.
Muslim di bawah Bayintnaung
Muslim bertugas di bawah raja Burma Bayintnaung (1550-1589 M).]Pada tahun 1559 Masehi setelah menaklukkan Baru (Pegu) ia melarang umat Islam dari memiliki halal makan kambing dan ayam dengan tidak memungkinkan mereka untuk membunuh hewan-hewan ini dalam nama Allah .Dia menunjukkan beberapa intoleransi agama dan telah memaksa beberapa rakyatnya untuk mendengarkan khotbah Buddha dan beberapa bahkan kata yang akan dikonversi dengan kekerasan.Dia juga batasan tersebut Adha Edil, Kurbani pengorbanan sapi.
Muslim di bawah Alaungpaya
Raja Alaungpaya (1752-1760) muslim dilarang untuk melakukan halal pada ternak.
Bodawpaya
Raja Bodawpaya (1782-1819) menahan empat terkenal Burma Muslim Moulvis (Imam) dari Myedu dan membunuh mereka di Ava, ibu kota, setelah mereka menolak untuk makan daging babi. [16] Menurut Muslim Myedu dan Burma versi Islam ada tujuh gelap hari setelah eksekusi itu dan raja kemudian meminta maaf dan diakui mereka sebagai orang-orang kudus.
Anti-Islam dan anti-India Kerusuhan di bawah pemerintahan Inggris
Inggris Resmi White Paper
Dia adalah hakim di Rangoon, saksi kerusuhan, yang menulis bukunya berdasarkan Inggris Resmi White Paper diberikan oleh Komisi Simon (Royal Resmi Komisi, ditunjuk menurut Hukum Pemerintah India tahun 1919, The Chelmsford Montague-Undang.) [19]


Anti-India dan sentimen anti-Islam mulai selama pemerintahan Inggris
Sentimen anti-India dimulai setelah Perang Dunia Pertama pada masa pemerintahan Inggris. [20] Di Burma ada Muslim setengah juta pada tahun 1921 Lebih dari setengah orang India India Muslim. [21] Meskipun Burma umat Islam berbeda dari umat Islam India dan Burma umat Islam India, Burma Budha menempatkannya bersama, bahkan dengan Hindu India, dan memanggil mereka Kala. [22]
Akar kebencian ini adalah:
Sebelumnya Muslim penganiayaan umat Buddha dan Hindu selama perang penaklukan Mughal, di mana banyak Buddha dan Hindu secara paksa dikonversi.
  1. Rendahnya standar hidup dari pendatang baru.
  2. migran Terkini ‘kesediaan untuk melakukan, kotor, pekerjaan sulit dan berbahaya.
  3. India mengambil alih tanah terutama Chittiers Burma.
  4. India sudah penuh dan memonopoli jasa pemerintah ketika Burma kemudian siap untuk pekerjaan-pekerjaan.
  5. Profesional kompetisi.
  6. Dunia resesi ekonomi tahun 1930 memperparah kompetisi untuk kue ekonomi berkurang.
Muslim di bawah U Nu
AFPFL mengusir Burma Kongres Muslim
BMC, Burma Kongres Muslim didirikan hampir bersamaan dengan AFPFL,-Fasis Rakyat Anti Partai Kebebasan Jenderal Aung San dan U Nu sebelum Perang Dunia Kedua . Pada tanggal 25 Desember 1945 di Pyin Mana, U Razak terpilih menjadi Presiden BMC dan memutuskan untuk bergabung AFPFL U Razak terpilih AFPFL Presiden di distrik Mandalay pada tahun 1946. Kemudian Gubernur menerimanya sebagai anggota dewan konstitusional. Dia memiliki hubungan sangat baik dengan Buddha dan bahkan fasih berbahasa Pali (Buddha suci ini ditulis dalam bahasa kuno dari India). Ia menjadi Menteri Pendidikan dan Perencanaan di’s (Bogoke Jenderal Aung San) Pemerintah dan kemudian dibunuh dengan dia. [35] Tapi ia mendukung kebijakan utama AFPFL: yang melawan partisi sepanjang masyarakat atau garis agama.U Razak dan beberapa rekan-nya keberatan terhadap perjuangan mereka menuntut jaminan konstitusional khusus untuk kaum minoritas Muslim Burma. Jadi, meskipun U Razak adalah, sangat populer penting dan pemimpin Muslim terkemuka Burma yang berhasil diselenggarakan Burma umat Islam untuk bisa mendapatkan catatan resmi bahwa mereka telah berpartisipasi sejak awal perjuangan menuju kemerdekaan Burma Nasional.
dia berdiri dari bersatu Burma (Myanmar) bangsa mengorbankan kepentingan jangka panjang untuk menjamin hak-hak minoritas muslim Burma puas bukan hanya para pemimpin Buddha Burma dari AFPFL, tapi anehnya juga Pemerintah Inggris. Mungkin karena itu ia mendapat banyak penghargaan pribadi. U Raschid dan lebih menonjol U Khin Maung Lat, berikut kebijakan umum mengorbankan Hak dan Kepentingan Masyarakat Muslim Burma untuk ‘negara dan partai mereka Tidak heran sebagian besar Muslim Burma kemudian menolak untuk menganggap atau mengakui ini ‘tertarik’ politisi kawakan diri sebagai wakil sejati atau penyelamat Menteri. Perdana U Nu, hanya beberapa bulan setelah kemerdekaan Burma, Burma Muslim meminta Kongres untuk mengundurkan diri yang keanggotaan dari AFPFL. Menanggapi bahwa U Khin Maung Lat, Presiden baru BMC, memutuskan untuk menghentikan kegiatan Agama Islam dari BMC dan bergabung dengan AFPFL. Kemudian ia menjadi Menteri Kehakiman tetapi tidak lagi mewakili keinginan masyarakat Muslim Burma. Yang baru terbentuk Burma Liga Muslim meminta departemen pemerintah khusus untuk urusan Muslim untuk menentukan masa depan mereka sendiri, sama seperti untuk minoritas lain, yang telah Ministries Yangon dan pemerintah di negara-negara mereka Nu. U menghilangkan Muslim Burma Kongres dari AFPFL pada tanggal 30 September 1956. U Nu menetapkan Buddhisme Kemudian sebagai agama negara Burma melawan kehendak minoritas etnis dan berbagai organisasi keagamaan termasuk Burma Muslim Nu. U, seorang penganut Budha yang taat, yang ditekan oleh pedagang Hindi berpengaruh dan kaya yang memerintahkan larangan dari pemotongan ternak. Meskipun ia santai bahwa selama Edd Kurbani (Hariraya Haji), umat Islam harus mengajukan permohonan ijin untuk setiap ternak dan ketat mengikuti prosedur di bawah pengawasan polisi. Meskipun Jenderal Ne Win dicabut urutan pertama dan membiarkan pembantaian sapi untuk konsumsi sehari-hari, urutan kedua dari pembatasan ketat untuk korban tetap sampai dengan saat ini. sebuah masjid resmi Bahkan yang gagal untuk mematuhi jumlah ternak yang diizinkan ditangkap dan dihukum. Beberapa Muslim mengeluh bahwa pemerintah U Nu itu telah membuat kondisi yang lebih sulit dan peraturan untuk ibadah haji dari peziarah Buddha akan Sri Lanka dan Nepal.

Jumat, 26 Juli 2013

SEJARAH ISLAM DI CHINA

MAM YUNUS YANG sedang memeberi ceramah kepada para jemaah di majlis sembahyang sunat Aidilfitri, baru-baru ini.

HUBUNGAN antara China dan dunia Arab boleh dikesan seawal sebelum kurun pertama. Menurut rekod-rekod sejarah di China, Zhang Qian ialah seorang utusan khas Dinasti Han (206 Sebelum Masehi-220 Masehi) yang telah sampai ke negara Arab dengan sebuah karavan. Pada masa itu, negara Arab dipanggil ''Da Shi'' oleh orang Cina.

Lama kelamaan, hubungan sedemikian antara China dan Arab, ketika Islam muncul dan berkembang di Arab, berterusan pantas mencapai satu lagi tahap bersejarah sementara China tiba ke kemuncak tamadunnya dengan kemajuan dalam bidang ukiran, puisi, kerja logam dan kesusasteraan yang subur berkembang dalam zaman pemerintahan Dinasti Tang (618-908 Masihi).

Disebabkan ketiadaan bukti, tidak ada tarikh tepat yang dapat dinyatakan bila agama Islam tiba di China sungguhpun ada spekulasi bahawa Islam sampai ke China semasa zaman Rasulullah (613, 614 Masihi).

Bagaimanapun, satu rekod rasmi yang paling dipercayai ialah Buku Dinasti Tang Lama yang menceritakan bahawa utusan yang dihantar oleh Khalifah Usman (zaman Khalifah 644-656) membuat lawatan rasmi terhadap Tang GaoZu (raja Dinasti Tang).

Semenjak itu, persahabatan antara China dan negara-negara Islam dikembangkan oleh para utusan semasa lawatan-lawatan berkala.

Satu kejadian semasa Dinasti Tang - Pemberontakan An Si - menjadi satu kejayaan besar dalam sejarah meluaskan perkembangan Islam. Pada tahun 755 Masihi, kumpulan pemberontak An Si menawan banyak bandar besar di China. Tang Xuan Zun (raja) dipaksa bersara dan melarikan diri ke wilayah Sichuan. Anak lelakinya dilantik sebagai raja baru (Tang Xuzun) dan tidak lama selepas itu, raja baru berkenaan memohon tentera berkuda yang kuat dari negara-negara Islam yang berjiran dengannnya di Asia Tengah untuk campur tangan tentera.

Akhirnya, tentera Kerajaan China yang bersekutu dengan tentera berkuda Islam, menghancurkan pemberontakan itu dan Tang Xuzun (Raja Baru) kembali ke ibu negara, Xian. Dengan itu, raja tersebut amat menghargai bantuan orang Islam, dan daripada kembali ke negara masing-masing, dia membenarkan tentera Islam tinggal di sebuah daerah (Fang) di ibu negara itu dan perkahwinan campur dengan wanita China juga dibenarkan.

Dinasti Tang (618-908) dan Dinasti Song (960-1279) merupakan tempoh aman dan kreatif. Hubungan dagang antara Arab dan China semakin kuat. Bukti perdagangan ini dengan pedagang Arab dan Parsi di bandar-bandar besar boleh ditemui dalam buku-buku kesusasteraan dan sejarah mengenai zaman itu.

Pedagang-pedagang Arab membina sebuah masjid di Guang Zhou di selatan China dan beberapa buah masjid lain dibina oleh kerajaan. Sebahagian nama masjid itu diberikan oleh maharaja yang memerintah China pada masa itu. Masjid yang namanya diberi oleh maharaja mempunyai signifikasi besar kepada minoriti Islam, kerana pengiktirafan dan penghargaan sedemikian daripada pihak berkuasa tertinggi sesungguhnya merupakan sesuatu yang luar biasa.

Semasa Dinasti Yuan (1279-1368), China diperintah oleh kerajaan Mongol dengan Kublai Khan menduduki takhtanya di Beijing pada 1293. Kerajaan Yuan melaksanakan satu dasar yang memihak kepada penduduk etnik Islam. Orang Islam menikmati status sosiopolitik yang tinggi semasa dinasti ini kerana mereka termasuk dalam kategori minoriti bersama dengan orang Mongol.

Sebaliknya, pada tahun 1253 selepas menawan Baghdad, orang Mongol menjadikan askar Arab dan Parsi sebagai askar kerahan mereka dan menghantar askar-askar itu ke China. Askar Arab dan Parsi ini kemudiannya kekal menetap di beberapa tempat di China dan berkahwin dengan penduduk di situ. Seorang Islam terkenal yang berkhidmat sebagai pegawai berpangkat tinggi ialah Saidian Chi Zansi Al Din, seorang jeneral di wilayah Yunan di China.

Satu pepatah Cina ''Hui Hui (orang Islam) berada di merata-rata negara China semasa Dinasti Yuan'' mungkin boleh dijadikan gambaran terbaik mengenai penyebaran orang Islam dalam tempoh itu.

Pada 1368, orang Mongol disingkirkan ekoran penubuhan Dinasti Ming (1368-1644). Bagaimanapun, orang Islam terus aktif dalam bidang sosiopolitik. Pelayar Islam teragung, Zhen He juga hidup dalam zaman ini.

Penganut Islam veteran khususnya Jeneral Chang Yu Chun dan Hu Da Hei mendedikasi sebahagian besar hidup mereka untuk mewujudkan Empayar Ming.

Sehubungan itu, pada awal pembentukan Empayar Ming (1368), rajanya begitu menghargai pencapaian orang Islam dan kepercayaan mereka. Sebagai tanda penghargaan, beberapa buah masjid telah dibina oleh pihak berkuasa Ming. Malah Maharaja Ming sendiri telah menulis pengenalan mengenai Islam dalam artikel terkenal 100 perkataan yang digunakan untuk memuji Nabi yang disebar luas di kalangan orang Islam.

Dalam pada itu, hubungan perdagangan antara China dan dunia Arab semakin teguh ekoran para pedagang yang berulang alik menggunakan Jalan Sutera. Banyak juga pedagang Arab yang membuka kedai-kedai mereka di bandar-bandar besar di China. Kegiatan mereka ini digambarkan dalam buku-buku kesusasteraan pada zaman itu. China berkembang semula dalam tempoh 272 tahun pemerintahan Dinasti Ming.

Kejayaan orang Islam mencapai kemuncaknya selepas tujuh pelayaran Zhen He.

Zhen He (1371-1435) juga dikenali sebagai Ma Sanbao (nama biasa orang Cina Muslim) dan dilahirkan dalam sebuah keluarga Islam yang terpelajar. Datuk dan bapanya telah menunaikan haji sewaktu dia masih kecil.

Pada 1405, Maharaja Ming memulakan pelayaran antarabangsa untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara lain selepas Dinasti Ming telah sampai ke kemuncak kemakmuran komersial di sekitar China. Maharaja Ming memilih menteri kanannya, Zhen He untuk memenuhi cita-citanya.

Zhen He mengetuai armada terbesar di dunia pada ketika itu bersama Imam Ha San, para doktor dan kelasi (berjumlah 2,700 orang) yang belayar ke Asia Tenggara dan negara-negara Arab untuk lawatan muhibah.

Pada 1430, dia sekali lagi belayar dan tiba ke Laut Merah, mengunjungi Afrika Utara dan rombongannya yang terdiri daripada tujuh orang pegawai Islam turut menunaikan haji dan membawa lakaran rumah suci Kaabah di Mekah pulang ke China.

Pelayaran Zhen He sebanyak tujuh kali ke tenggara Pasifik telah mengukuhkan hubungan antara China dan negara-negara di Asia Tenggara, Afrika Utara dan Arab. Hasil pelayaran Zhen He, lebih 30 orang raja, sultan dan utusan khas telah berkunjung ke China. Zhen He meninggalkan banyak pengaruh sejarah dan namanya masih dikenang di negara-negara Asia Tenggara dan di negara China sehingga ke hari ini.

Dari Dinasti Ming (1368-1644) sehingga ke tempoh awal Dinasti Qing (1644-1911), pemikiran Islam berkembang bersama-sama jumlah penduduk Islam yang semakin bertambah.

Empat ahli falsafah terkemuka.

Wang Daixing (1584-1670), beliau membangunkan teori menegakkan Islam berbanding kebudayaan Cina. Dia begitu arif dalam pengetahuan klasik Cina dan dia menggunakannya untuk menerapkan nilai-nilai Islam selari dengan persekitaran Cina. Pemikirannya mempunyai gambaran pengaruh yang besar di kalangan masyarakat Islam sepanjang zaman.

Buku karyanya yang terkenal ialah Penjelasan Benar Mengenai Agama Sebenar (Islam) dan Pengajian Tinggi Qing Zhen (Islam)'.

Yusuf Ma Zhu (1640-1711),beliau dilahirkan di wilayah Yunan. Karyanya yang penting ialah Arah Islam yang bersangkut dengan sejarah, falsafah dan undang-undang Islam serta menekankan kefahaman Islam secara mengenali sifat-sifat Pencipta - Allah sebagai sumber asas semua pengetahuan.

Beliau juga membayangkan bahawa pelaksanaan prinsip Islam adalah satu langkah penting untuk mengubati penyakit sosial dan mengekalkan keadilan dan kemakmuran dalam masyarakat.

Liu Zhi (1665-1745), cendekiawan terkenal ini dilahirkan di Nanjing dan pengetahuan mendalamnya tentang Islam mendapat sanjungan tinggi di kalangan masyarat Islam dan juga bukan Islam China.

Karya akademiknya yang penting ialah Tian Fang Jian Li (Etika dalam Islam), satu-satunya buku karya Cina Muslim yang telah dihimpunkan dalam ensiklopedia yang paling dipercayai dan diluluskan kerajaan, Si Ku Quan Shu, semasa pemerintahan Dinasti Qing. Ini boleh dianggap satu pengiktirafan para cendekiawan tradisi Cina atas kejayaannya yang mengagumkan dalam memahami sifat manusia dari perspektif Islam.

Yusuf Ma Dexin (1794-1874), Beliau pula terkenal kerana kefasihan dan pengetahuannya dalam kedua-dua bahasa Arab dan Parsi serta pengetahuan mendalamnya mengenai Islam. Beliau menterjemahkan kitab suci al-Quran. Beliau juga menulis banyak buku Islam dalam bahasa Arab dan Parsi.

Pada 1841, beliau menunaikan haji dan tinggal di negara Arab selama lapan tahun. Malangnya, pada usia 80 tahun, beliau dibunuh oleh rejim Qing kerana penglibatannya dengan pemberontakan orang Islam Yunnan (1862-1872) di China.

Karya akademiknya yang terkemuka ialah Kitab Ajaran Suci yang merupakan sebahagian terjemahan awal al-Quran, Nawahu dan Saierfu yang merupakan buku teks tata bahasa Arab, Gambaran Sejagat Huan Yu Shu Yao yang mengandungi pengetahuan mengenai kalendar Islam dan kandungan lain.

* Yusuf Lin Baojun ialah warganegara China beragama Islam berasal dari Lan Zhou, Gansu, China. Beliau kini menuntut di Universiti Islam Antarabangasa, Kuala Lumpur.

Oleh: YUSUF LIN BAOJUN

Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/info.asp?y=1998&dt=0313&pub=Utusan_Malaysia&sec=Rencana&pg=ot_01.htm#ixzz2Zl1SMmkU
© Utusan Melayu (M) Bhd

Senin, 22 Juli 2013

islam di Hongkong

 Hong Kong (HK) agama dipandang sebagai bagian dari budaya HK. Kebebasan
 beragama merupakan salah satu hak mendasar yang dinikmati penduduk HK.
Kebebasan beragama dilindungi oleh Hukum Dasar (Basic Law) dan peraturan
 terkait.

 Agama yang tumbuh dan berkembang di HK antara lain
Budha (Buddhism), Tao (Taoism), Kong Hu Cu (Confucianism), Kristen,
Islam, Hindu, Sikh, dan Yahudi (Judaism).

 Sekitar 700,000 warga
HK menganut Budha dan Tao, 320,000 Protestant Christians, 243,000 Roman
Catholics, 90,000 Muslims, 40,000 Hindus, 8,000 Sikhs, dan 4,000 Yahudi.

 Saat
 ini diperkirakan jumlah kaum Muslim di Hong Kong mencapai 250.000 jiwa.
 Kaum Muslim menjadi komunitas yang perkembangannya tercepat.
Perkembangan Islam di HK dipengaruhi buruh migran Indonesia (BMI) atau
perantau Indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Pada akhir tahun 2008
 saja, tercatat ada 123.000 BMI. Saat ini diperkirakan jumlah perantau
indonesia (TKW) mencapai 130.000 orang, umumnya menjadi “domestic
helper” atau pembantu rumah tangga.

 Kebanyakannya Muslim HK/Cina
dari suku Han, diikuti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Timur
Tengah, dan negara-negara Afrika. Empat masjid utama digunakan bagi
solat setiap hari di HK dan satu di Semenanjung Kowloon. Masjid tertua
adalah Masjid Jalan Shelley di Pulau Hong Kong yang didirikan tahun
1840-an dan direnovasi tahun 1915.

 Komunitas Muslim telah ada di
HK/Cina sejak lebih dari seribu tahun yang lalu. Dibawa oleh komunitas
pedagang Arab yang membawa barang-barangnya berjualan melintasi jalur
sutra yang menghubungkan Cina dengan dunia barat.

 Perkembangan
Islam di HK mencapai puncaknya pada saat Muslim Pakistan dan India
dipekerjakan sebagai tentara Inggris untuk menjaga kawasan ini. Hong
Kong dulunya merupakan koloni Inggris, sebelum diserahkan kembali ke
Cina tahun 1997.

 Jumlah penganut Islam makin berkembang pesat
dengan banyaknya komunitas Cina minoritas yang masuk Islam. Kelompok
Cina minoritas ini kemudian dikenal dengan nama “Hui”.

 Sejarah
mencatat, perkembangan Islam di Cina/HK sudah berlangsung sejak
berabad-abad lalu. Dimulai saat Rasulullah Saw mengirimkan tiga
sahabatnya untuk mendatangi negeri Cina untuk menyebarkan ajaran Islam.
Dua di antaranya meninggal di perjalanan, satu orang lainnya tiba dan
membangun tiga buah masjid,  salah satunya ada di Guang Zhou. Hingga
kini, masjid yang dibuat pada tahun 627 ini masih berdiri di Guang Zhou
Di Hong Kong (HK) agama dipandang sebagai bagian dari budaya HK. Kebebasan beragama merupakan salah satu hak mendasar yang dinikmati penduduk HK. Kebebasan beragama dilindungi oleh Hukum Dasar (Basic Law) dan peraturan terkait.
Agama yang tumbuh dan berkembang di HK antara lain Budha (Buddhism), Tao (Taoism), Kong Hu Cu (Confucianism), Kristen, Islam, Hindu, Sikh, dan Yahudi (Judaism).
Sekitar 700,000 warga HK menganut Budha dan Tao, 320,000 Protestant Christians, 243,000 Roman Catholics, 90,000 Muslims, 40,000 Hindus, 8,000 Sikhs, dan 4,000 Yahudi.
Saat ini diperkirakan jumlah kaum Muslim di Hong Kong mencapai 250.000 jiwa. Kaum Muslim menjadi komunitas yang perkembangannya tercepat. Perkembangan Islam di HK dipengaruhi buruh migran Indonesia (BMI) atau perantau Indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Pada akhir tahun 2008 saja, tercatat ada 123.000 BMI. Saat ini diperkirakan jumlah perantau indonesia (TKW) mencapai 130.000 orang, umumnya menjadi “domestic helper” atau pembantu rumah tangga.
Kebanyakannya Muslim HK/Cina dari suku Han, diikuti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Timur Tengah, dan negara-negara Afrika. Empat masjid utama digunakan bagi solat setiap hari di HK dan satu di Semenanjung Kowloon. Masjid tertua adalah Masjid Jalan Shelley di Pulau Hong Kong yang didirikan tahun 1840-an dan direnovasi tahun 1915.
Komunitas Muslim telah ada di HK/Cina sejak lebih dari seribu tahun yang lalu. Dibawa oleh komunitas pedagang Arab yang membawa barang-barangnya berjualan melintasi jalur sutra yang menghubungkan Cina dengan dunia barat.
Perkembangan Islam di HK mencapai puncaknya pada saat Muslim Pakistan dan India dipekerjakan sebagai tentara Inggris untuk menjaga kawasan ini. Hong Kong dulunya merupakan koloni Inggris, sebelum diserahkan kembali ke Cina tahun 1997.
Jumlah penganut Islam makin berkembang pesat dengan banyaknya komunitas Cina minoritas yang masuk Islam. Kelompok Cina minoritas ini kemudian dikenal dengan nama “Hui”.
Sejarah mencatat, perkembangan Islam di Cina/HK sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Dimulai saat Rasulullah Saw mengirimkan tiga sahabatnya untuk mendatangi negeri Cina untuk menyebarkan ajaran Islam. Dua di antaranya meninggal di perjalanan, satu orang lainnya tiba dan membangun tiga buah masjid,  salah satunya ada di Guang Zhou. Hingga kini, masjid yang dibuat pada tahun 627 ini masih berdiri di Guang Zhou.
- See more at: http://www.ddhongkong.org/islam-in-hk/sejarah-islam/#sthash.nSgDA0pO.dpuf

Muslim di Australia

Sejarah yang panjang dan dinamis

Muslim di Australia memiliki sejarah yang panjang dan bervariasi yang diperkirakan sudah hadir sebelum pemukiman Eropa. Beberapa pengunjung awal Australia adalah Muslim dari Indonesia timur. Mereka membangun hubungan dengan daratan Australia sejak abad ke 16 dan 17.

Pengunjung Muslim awal — pedagang Makassar

Nelayan dan pedagang Makassar tiba di pesisir utara Australia Barat, Australia Utara dan Queensland. Orang Makassar berdagang dengan Penduduk Asli dan mencari teripang yang mereka jual sebagai makanan di pasar Cina yang menguntungkan.

Bukti-bukti dari pengunjung awal ini dapat ditemukan pada kesamaan beberapa kata bahasa Makassar dan Penduduk Asli pesisir Australia. Lukisan gua Aborijin menggambarkan perahu tradisional Makassar dan sejumlah peninggalan Makassar telah ditemukan di pemukiman Aborijin di pesisir barat dan utara Australia. Perkawinan antara Penduduk Asli dan orang Makassar diyakini pernah terjadi, dan lokasi pemakaman orang Makassar telah ditemukan sepanjang garis pantai.

Penunggang unta Afganistan dan masa kolonial

Migran Muslim dari pesisir Afrika dan wilayah pulau di bawah Kerajaan Inggris datang ke Australia sebagai pelaut dan narapidana dalam armada pertama pendatang Eropa pada akhir dasawarsa 1700an. Populasi Muslim semi permanen pertama dalam jumlah yang signifikan terbentuk dengan kedatangan penunggang unta pada dasawarsa 1800an.

Datang dari anak-benua India, Muslim ini sangat vital bagi penjelajahan awal pedalaman Australia dan pembentukan layanan perhubungan.

Salah satu proyek besar yang melibatkan penunggang unta Afganistan adalah pembangunan jaringan rel kereta api antara Port Augusta dan Alice Springs, yang kemudian dikenal sebagai Ghan. Jalur kereta api dilanjutkan hingga ke Darwin pada 2004.

Para penunggang unta ini juga memegang peran penting dalam pembangunan jalur telegrafi darat antara Adelaide dan Darwin pada 1870 - 1872, yang akhirnya menghubungkan Australia dengan London lewat India.

Melalui karya awal ini, sejumlah kota ‘Ghan’ berdiri di sepanjang jalur kereta api. Banyak dari antara kota-kota ini yang memiliki sedikitnya satu masjid, biasanya dibangun dari besi bergelombang dengan menara kecil.

Namun, kehadiran kendaraan bermotor dan transportasi lori bermesin menandai akhir era penunggang unta. Sementara sebagian dari mereka pulang ke negara asalnya, yang lainnya bermukim di daerah dekat Alice Springs dan daerah lain di Australia Utara.

Banyak yang menikah dengan penduduk Asli setempat. Keturunan penunggang unta Afganistan sejak itu berperan aktif dalam berbagai komunitas Muslim di Australia.

Sejumlah kecil Muslim juga direkrut dari koloni Belanda dan Inggris di Asia Tenggara untuk bekerja di industri mutiara Australia pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20.

Masjid pertama di Australia didirikan di Marree di sebelah utara Australia Selatan pada 1861. Masjid besar pertama dibangun di Adelaide pada 1890, dan satu lagi didirikan di Broken Hill (New South Wales) pada 1891.

Pasca Perang Dunia Kedua — menuju masyarakat modern serta majemuk

Jumlah umat Islam Australia modern meningkat dengan cepat setelah Perang Dunia Kedua. Pada 1947 - 1971, jumlah warga Muslim meningkat dari 2.704 menjadi 22.331.

Hal ini terjadi terutama karena ledakan ekonomi pasca perang, yang membuka lapangan kerja baru. Banyak Muslim Eropa, terutama dari Turki, memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari kehidupan dan rumah baru di Australia. Pada Sensus 2006, tercatat 23.126 Muslim kelahiran Turki di Australia.

Migran Muslim Bosnia dan Kosovo yang tiba di Australia pada dasawarsa 1960an memberi sumbangsih penting terhadap Australia modern melalui peran mereka dalam pembangunan Skema PLTA Snowy Mountains di New South Wales. Migran Libanon, banyak dari antara mereka adalah Muslim, juga mulai berdatangan dalam jumlah yang lebih besar setelah pecah perang saudara di Libanon pada 1975. Menurut Sensus 2006, tercatat 7.542 Muslim Australia kelahiran Bosnia dan Herzegovina dan 30.287 kelahiran Libanon.

Muslim Australia sangat majemuk. Pada Sensus 2006, tercatat lebih dari 340.000 Muslim di Australia, di mana dari jumlah tersebut sebanyak 128.904 lahir di Australia dan sisanya lahir di luar negeri. Selain migran dari Libanon dan Turki, negara asal Muslim lainnya adalah:
  • Afganistan 15.965
  • Pakistan 13.821
  • Banglades 13.361
  • Irak 10.039
  • Indonesia 8.656.
Dalam tiga dasawarsa terakhir, banyak Muslim bermigrasi ke Australia melalui program pengungsi atau kemanusiaan, dan dari negara-negara Afrika seperti Somalia dan Sudan.

Masyarakat Muslim Australia saat ini sebagian besar terkonsentrasi di Sydney dan Melbourne.

Sejak dasawarsa 1970an, masyarakat Muslim telah membangun banyak masjid dan sekolah Islam dan memberi sumbangsih yang dinamis terhadap rajutan multi-budaya masyarakat Australia.


Minggu, 21 Juli 2013

Resep Sambel Pecel Madiun

Resep cara membuat sambel pecel Madiun - Assalammualaikum wr.wb. Apa kabar sahabat setia Masterz-seo..??sudah lama banget ya saya tidak menulis artikel, ya maklum aja masih bingung mau menulis artikel tentang apa. Setelah lama mikir akhirnya saya menemukan artikel yang tepat untuk di posting kali ini yaitu resep dan cara membuat sambel pecel. Artikel ini saya buat setelah saya terinspirasi saat saya makan nasi pecel di warung dan rasanya nikmat banget.
Sambel pecel adalah masakan khas yang berasal dari kota Madiun dan sekarang ini sudah terkenal di berbagai kota di Indonesia seperti Surabaya, Jawa tengah dan jawa barat. Sambel pecel merupakan makanan faforit keluarga saya sejak dulu sampai sekarang.
Sebenarnya membuat sambal pecel itu tidak terlalu sulit kok bahan-bahanya pun juga banyak di jumpai di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket di sekitar anda, Jadi jika anda ingin mempraktekkan resep ini pasti sangat gampang banget.
Resep Sambel Pecel Madiun
Baiklah kalau begitu tidak usah panjang lebar dan berbelit-belit lagi langsung aja ke topik utama yang akan saya bahas kali ini yaitu resep membuat sambel pecel.
Bahan-bahan yang perlu di persiapkan antara lain adalah :
1kg kacang tanah

Bumbu-bumbunya adalah :

  • 1 ons cabai rawit
  • 1/2 ons cabai keriting
  • 1/4 kggula merah
  • 8 sdm gula putih
  • 4 sdm garam
  • 4 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk purut yang sudah di buang tulang daunnya
  • asam jawa secukupnya.
Cara membuat sambel pecel :
  • 1. Sangrai kacang tanah sampai matang
  • 2. Sangrai cabai rawit,cabai keriting, dan bawang putih
  • 3. haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang ada lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan di haluskan kembali bersama-sama .
Sudah jadi deh sambel pecelnya siap di hidangkan untuk sahur dan berbuka puasa. Tidak terlalu sulit bukan cara membuatnya dan silakan di praktekan di rumah.

Itu tadi sedikit artikel dari saya dengan judul Resep sambel pecel Madiun. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, kritik dan saran silakan anda tulis pada kolom komentar di bawah ini.

Jumat, 19 Juli 2013

Biodata dan foto agnes monica

Masterz Seo -  Biodata dan foto-foto terbaru Agnes Monica .Assalammualaikum wr.wb. Apa kabar sahabat Indonesia di manapun anda berada. Semoga kabar anda di sana dalam keadaan baik-baik saja dan dalam lindungan Allah SWT.
Pada postingan terdahulu saya membuat postingan dengan judul foto Agnes Monica terbaru jika anda mencari informasi ini silakan di baca dan pada postingan kali ini saya akan menulis artikel tentang Biodata Agnes monica.
Agnes Monica adalah salah satu artis cantik dan berbakat asal Indonesia yang mempunyai suara vokal yang
khas dan unik. Penyanyi solo ini patut di banggakan karena berbagai macam prestasi yang telah di raihnya sejak kecil hingga  sekarang. Penyanyi yang bernama asli Agnes Monica Muljoto ini lahir di Jakarta pada tanggal 1 juli 1986 .Agnes Monica memulai karir menyanyi pada saat beliau berusia enam tahun. Agnes Monica adalah penyanyi cilik yang sangat terkenal di tahun 1990 an. Selain menyanyi ia juga pernah menjadi presenter di sebuah acara anak-anak tralala-trilili bersama indra bekti. Ketika usianya beranjak remaja dia mencoba peruntungannya di dunia akting dengan membintangi salah satu sinetron yang fenomenal dengan judul pernikahan dini bersama sahrul gunawan dan della puspita pada tahun 2001 dan sejak saat itu karirnya terus menanjak. Hobi menyanyinya menghantarkanya terjun ke indutri musik dengan merilis album pertamanya pada tahun 2003 yang berjudul and the story go.
agnes monica menyanyi

Berikut adalah biodata Agnes monica :

  • Nama lengkap: Agnes Monica Muljoto
  • Nama panggilan: Nez,Nyez
  • Alamat: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 1 juli 1986
  • ayah: Ricky Muljoto
  • Ibu: Jeanny Siswono
  • Tinggi: 168cm
  • Berat badan: 51 Kg.
  • Pendidikan sekarang: Universitas Pelita Harapan Karawaci,Fakultas hukum.
  • Makanan kesukaan: Niku Udon (Japanese Food),Penne
  • Bolognaise(pasta)
  • Minuman : Mineral water,ice tea with lots of ice cubes
  • Warna kesukakaan : Hitam,Putih & Pink
  • Buku bacaan : Semua buku (terutama novel & psikologi)
  • Olahraga : Sofball, badminton,lari
  • Baju : Casual & Sportif
  • Hobi: menyanyi,dance,Akting,nulis, explore something new

Prestasi :


  • Pembaca Anak-anak Terbaik versi Panasonic Award 1999
  • Bintang Drama Terfavorit-Panasonic Awards 2001
  • Artis terngetop SCTV awards tahun 2002
  • Artis terfavorit - Panasonic Awards tahun 2002
  • Artis terfavorit - Panasonic Awards tahun 2003
  • Artis terfavorit - Panasonic Awards tahun 2004
  • Anugerah Planet Muzik Award tahun 2004 Singapura
  • Solo Wanita Pop Terbaik AMI Samsung Awards tahun 2004
  • Karya Produksi Dance/tekno Terbaik AMI
  • Samsung Award 2004
  • Artis terngetop SCTV awards tahun 2004
  • Artis terngetop SCTV awards tahun 2005

Album :

Si Meong, Yess, Bala-bala, Tralala-trilili, ..and
the story goes..,Whaddup A'..?!
Sinetron:
Pernikahan Dini tahun (2001)
Lupus
Kejarlah Daku Kau Ku tangkap tahun (2002)
Cewekku Jutek tahun (2003)
Amanda tahun (2002)
Ciuman Pertama tahun (2002)
Cewekku jutek tahun (2003)
Kau yang terindah ( Ftv)
Bunga Perawan tahun (2004)
Cantik tahun (2004)
Ku Tlah Jatuh Cinta tahun (2005)
Pink tahun (2006).
Presenter:
Diva Romeo (Trans TV)
Tralala-Trilili (RCTI)
VAN (Video Anak Anteve)

Iklan :

minuman Jas Jus
SoKlin Pewangi
Biore Anti Acne
Natur-e Shampo
T-shirt Poshboy
STIMIK AKI
Sakatonik ABC
Ovale Face Paper
Kacang atom DK
NewERA
Epson printer
Hemaviton Action
sambal sasa dan masih banyak lagi.

Itu tadi sedikit artikel dari saya dengan judul biodata dan foto-foto Agnes monica semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda. Kritik dan saran silakan anda tulis pada kolom komentar di bawah ini.

Kamis, 18 Juli 2013

Pengertian Seo On dan Of page

Masterz SeoPengertian seo on page dan seo of page - Selamat malam agan-agan semua, semoga kabar anda di sana dalam keadaan yang sehat wal'afiaat. pada postingan kali ini saya akan membahas tentang definisi seo. Setelah anda membuat website atau blog apa gunanya jika artikel-artikel yang ada di blog anda tidak terbaca oleh orang lain..??maka dari itu anda harus mengenal ilmu seo jika ingin blog anda menjadi populer.
Sebenarnya apa sih pengertian Seo itu..??
Kalimat seperti itu pernah muncul dari pikiran saya waktu memulai di dunia bloging.
SEO atau Search Engine Optimization Adalah proses untuk meningkatkan traffic suatu blog atau website dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari (Search Engine) seperti google,yaho dan bing.
Sebenarnya Tujuan dari mempelajari ilmu seo adalah untuk menempatkan blog atau website kita dalam urutan teratas mesin pencari. Jika urutan blog kita dalam posisi teratas maka bukan tidak mungkin pengunjung akan terus membanjiri blog kita.
pengertian dan definisi seo

Jika blog kita di banjiri oleh visitor sudah pasti banyak iklan yang kita pasang di blog akan sering di klick oleh pengunjung atau produk-produk yang kita pasarkan lewat blog kita akan laris terjual.
Optimasi SEO di bagi menjadi dua macam yaitu seo ON page dan seo OFF page.
Pengertian seo On Page adalah pengoptimalan dari dalam blog atau website kita.
contohnya :
1. Memasang meta Keywoard yang tepat
2. Memilih template yang seo
3. Memasang meta Description
4. Menggunakan huruf tebal, miring, ataupun garis pada text yang tepat
5. Gunakan related post
6. Artikel bukan hasil copy paste.
7. Gunakan sedikitnya 500 kata saat membuat artikel.
8. Utamakan kualitas konten.
9. Membuat sitemap atau peta situs.
Sedangkan Pengertian SEO Off Page adalah pengoptimalan yang di lakukan di luar blog atau website kita.
Contoh :
1. Mempromosikan blog dengan blog yang mempunyai tema yang sama dengan blog kita dengan cara memberikan komentar yang baik dan tidak spam.
2. Submit blog ke berbagai mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lain lain.
3. Selalu menggunakan layanan ping setiap anda menulis artikel baru,hal ini di lakukan agar artikel baru kita cepat terindeks oleh mesin pencari.
4. Masukan blog anda ke Web Directory
5. promosikan blog ke forum-forum dofollow.

Artikel Lainya :


Nah itulah pengertian seo on dan off page semoga bermanfaat buat anda. Kritik dan saran silakan anda tulis pada kolom komentar di bawah ini.

one ok rock liar


Jumat, 12 Juli 2013

WE LOVE PERSIB BANDUNG






WE


FOREVER

JADWAL LIGA PRIMER INGRGIS

ASSALAMU ALAIKUM  WR WB

INI POSTINGAN SAYA BAGI YANG SUKA NONTON LIGA INGRIS SILAKAN DI BACA KALAU PERLU DI PRINT
Inilah Jadwal Lengkap Liga Primer Inggris 2013/14:
17 Agustus 2013
Arsenal v Aston Villa
Chelsea v Hull City
Crystal Palace v Tottenham Hotspur
Liverpool v Stoke City
Manchester City v Newcastle United
Norwich City v Everton
Sunderland v Fulham
Swansea City v Manchester United
West Bromwich Albion v Southampton
West Ham United v Cardiff City

24 Agustus 2013
Aston Villa v Liverpool
Cardiff City v Manchester City
Everton v West Bromwich Albion
Fulham v Arsenal
Hull City v Norwich City
Manchester United v Chelsea
Newcastle United v West Ham United
Southampton v Sunderland
Stoke City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Swansea City

31 Agustus 2013
Arsenal v Tottenham Hotspur
Cardiff City v Everton
Chelsea v Aston Villa
Crystal Palace v Sunderland
Liverpool v Manchester United
Manchester City v Hull City
Newcastle United v Fulham
Norwich City v Southampton
West Bromwich Albion v Swansea City
West Ham United v Stoke City

14 September 2013
Aston Villa v Newcastle United
Everton v Chelsea
Fulham v West Bromwich Albion
Hull City v Cardiff City
Manchester United v Crystal Palace
Southampton v West Ham United
Stoke City v Manchester City
Sunderland v Arsenal
Swansea City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Norwich City

21 September 2013
Arsenal v Stoke City
Cardiff City v Tottenham Hotspur
Chelsea v Fulham
Crystal Palace v Swansea City
Liverpool v Southampton
Manchester City v Manchester United
Newcastle United v Hull City
Norwich City v Aston Villa
West Bromwich Albion v Sunderland
West Ham United v Everton

28 September 2013
Aston Villa v Manchester City
Everton v Newcastle United
Fulham v Cardiff City
Hull City v West Ham United
Manchester United v West Bromwich Albion
Southampton v Crystal Palace
Stoke City v Norwich City
Sunderland v Liverpool
Swansea City v Arsenal
Tottenham Hotspur v Chelsea

5 Oktober 2013
Cardiff City v Newcastle United
Fulham v Stoke City
Hull City v Aston Villa
Liverpool v Crystal Palace
Manchester City v Everton
Norwich City v Chelsea
Southampton v Swansea City
Sunderland v Manchester United
Tottenham Hotspur v West Ham United
West Bromwich Albion v Arsenal

19 Oktober 2013
Arsenal v Norwich City
Aston Villa v Tottenham Hotspur
Chelsea v Cardiff City
Crystal Palace v Fulham
Everton v Hull City
Manchester United v Southampton
Newcastle United v Liverpool
Stoke City v West Bromwich Albion
Swansea City v Sunderland
West Ham United v Manchester City

26 Oktober 2013
Aston Villa v Everton
Chelsea v Manchester City
Crystal Palace v Arsenal
Liverpool v West Bromwich Albion
Manchester United v Stoke City
Norwich City v Cardiff City
Southampton v Fulham
Sunderland v Newcastle United
Swansea City v West Ham United
Tottenham Hotspur v Hull City

2 November 2013
Arsenal v Liverpool
Cardiff City v Swansea City
Everton v Tottenham Hotspur
Fulham v Manchester United
Hull City v Sunderland
Manchester City v Norwich City
Newcastle United v Chelsea
Stoke City v Southampton
West Bromwich Albion v Crystal Palace
West Ham United v Aston Villa

9 November 2013
Aston Villa v Cardiff City
Chelsea v West Bromwich Albion
Crystal Palace v Everton
Liverpool v Fulham
Manchester United v Arsenal
Norwich City v West Ham United
Southampton v Hull City
Sunderland v Manchester City
Swansea City v Stoke City
Tottenham Hotspur v Newcastle United

23 November 2013
Arsenal v Southampton
Cardiff City v Manchester United
Everton v Liverpool
Fulham v Swansea City
Hull City v Crystal Palace
Manchester City v Tottenham Hotspur
Newcastle United v Norwich City
Stoke City v Sunderland
West Bromwich Albion v Aston Villa
West Ham United v Chelsea

30 November 2013
Aston Villa v Sunderland
Cardiff City v Arsenal
Chelsea v Southampton
Everton v Stoke City
Hull City v Liverpool
Manchester City v Swansea City
Newcastle United v West Bromwich Albion
Norwich City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Manchester United
West Ham United v Fulham

3 Desember 2013
Arsenal v Hull City,
Crystal Palace v West Ham United
Liverpool v Norwich City
Manchester United v Everton
Southampton v Aston Villa
Stoke City v Cardiff City
Sunderland v Chelsea
Swansea City v Newcastle United
West Bromwich Albion v Manchester City

4 Desember 2013
Fulham v Tottenham Hotspur

7 Desember 2013
Arsenal v Everton
Crystal Palace v Cardiff City
Fulham v Aston Villa
Liverpool v West Ham United
Manchester United v Newcastle United
Southampton v Manchester City
Stoke City v Chelsea
Sunderland v Tottenham Hotspur
Swansea City v Hull City
West Bromwich Albion v Norwich City

14 Desember 2013
Aston Villa v Manchester United
Cardiff City v West Bromwich Albion
Chelsea v Crystal Palace
Everton v Fulham
Hull City v Stoke City
Manchester City v Arsenal
Newcastle United v Southampton
Norwich City v Swansea City
Tottenham Hotspur v Liverpool
West Ham United v Sunderland

21 Desember 2013
Arsenal v Chelsea
Crystal Palace v Newcastle United
Fulham v Manchester City
Liverpool v Cardiff City
Manchester United v West Ham United
Southampton v Tottenham Hotspur
Stoke City v Aston Villa
Sunderland v Norwich City
Swansea City v Everton
West Bromwich Albion v Hull City

26 Desember 2013
Aston Villa v Crystal Palace
Cardiff City v Southampton
Chelsea v Swansea City
Everton v Sunderland
Hull City v Manchester United
Manchester City v Liverpool
Newcastle United v Stoke City
Norwich City v Fulham
Tottenham Hotspur v West Bromwich Albion
West Ham United v Arsenal

28 Desember 2013
Aston Villa v Swansea City
Cardiff City v Sunderland
Chelsea v Liverpool
Everton v Southampton
Hull City v Fulham
Manchester City v Crystal Palace
Newcastle United v Arsenal
Norwich City v Manchester United
Tottenham Hotspur v Stoke City
West Ham United v West Bromwich Albion

1 Januari 2014
Arsenal v Cardiff City
Crystal Palace v Norwich City
Fulham v West Ham United
Liverpool v Hull City
Manchester United v Tottenham Hotspur
Southampton v Chelsea
Stoke City v Everton
Sunderland v Aston Villa
Swansea City v Manchester City
West Bromwich Albion v Newcastle United

11 Januari 2014
Aston Villa v Arsenal
Cardiff City v West Ham United
Everton v Norwich City
Fulham v Sunderland
Hull City v Chelsea
Manchester United v Swansea City
Newcastle United v Manchester City
Southampton v West Bromwich Albion
Stoke City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Crystal Palace

18 Januari 2014
Arsenal v Fulham
Chelsea v Manchester United
Crystal Palace v Stoke City
Liverpool v Aston Villa
Manchester City v Cardiff City
Norwich City v Hull City
Sunderland v Southampton
Swansea City v Tottenham Hotspur
West Bromwich Albion v Everton
West Ham United v Newcastle United

28 Januari 2014
Aston Villa v West Bromwich Albion
Crystal Palace v Hull City
Liverpool v Everton
Manchester United v Cardiff City
Norwich City v Newcastle United
Southampton v Arsenal
Sunderland v Stoke City
Swansea City v Fulham

29 Januari 2014
Chelsea v West Ham United
Tottenham Hotspur v Manchester City

1 Februari 2014
Arsenal v Crystal Palace
Cardiff City v Norwich City
Everton v Aston Villa
Fulham v Southampton
Hull City v Tottenham Hotspur
Manchester City v Chelsea
Newcastle United v Sunderland
Stoke City v Manchester United
West Bromwich Albion v Liverpool
West Ham United v Swansea City

8 Februari 2014
Aston Villa v West Ham United
Chelsea v Newcastle United
Crystal Palace v West Bromwich Albion
Liverpool v Arsenal
Manchester United v Fulham
Norwich City v Manchester City
Southampton v Stoke City
Sunderland v Hull City
Swansea City v Cardiff City
Tottenham Hotspur v Everton

11 Februari 2014
Arsenal v Manchester United
Cardiff City v Aston Villa
Hull City v Southampton
Stoke City v Swansea City
West Bromwich Albion v Chelsea
West Ham United v Norwich City

12 Februari 2014
Everton v Crystal Palace
Fulham v Liverpool
Manchester City v Sunderland
Newcastle United v Tottenham Hotspur

22 Februari 2014
Arsenal v Sunderland
Cardiff City v Hull City
Chelsea v Everton
Crystal Palace v Manchester United
Liverpool v Swansea City
Manchester City v Stoke City
Newcastle United v Aston Villa
Norwich City v Tottenham Hotspur
West Bromwich Albion v Fulham
West Ham United v Southampton

1 Maret 2014
Aston Villa v Norwich City
Everton v West Ham United
Fulham v Chelsea
Hull City v Newcastle United
Manchester United v Manchester City
Southampton v Liverpool
Stoke City v Arsenal
Sunderland v West Bromwich Albion
Swansea City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Cardiff City

8 Maret 2014
Arsenal v Swansea City
Cardiff City v Fulham
Chelsea v Tottenham Hotspur
Crystal Palace v Southampton
Liverpool v Sunderland
Manchester City v Aston Villa
Newcastle United v Everton
Norwich City v Stoke City
West Bromwich Albion v Manchester United
West Ham United v Hull City

15 Maret 2014
Aston Villa v Chelsea
Everton v Cardiff City
Fulham v Newcastle United
Hull City v Manchester City
Manchester United v Liverpool
Southampton v Norwich City
Stoke City v West Ham United
Sunderland v Crystal Palace
Swansea City v West Bromwich Albion
Tottenham Hotspur v Arsenal

22 Maret 2014
Aston Villa v Stoke City
Cardiff City v Liverpool
Chelsea v Arsenal
Everton v Swansea City
Hull City v West Bromwich Albion
Manchester City v Fulham
Newcastle United v Crystal Palace
Norwich City v Sunderland
Tottenham Hotspur v Southampton
West Ham United v Manchester United

29 Maret 2014
Arsenal v Manchester City
Crystal Palace v Chelsea
Fulham v Everton
Liverpool v Tottenham Hotspur
Manchester United v Aston Villa
Southampton v Newcastle United
Stoke City v Hull City
Sunderland v West Ham United
Swansea City v Norwich City
West Bromwich Albion v Cardiff City

5 April 2014
Aston Villa v Fulham
Cardiff City v Crystal Palace
Chelsea v Stoke City
Everton v Arsenal
Hull City v Swansea City
Manchester City v Southampton
Newcastle United v Manchester United
Norwich City v West Bromwich Albion
Tottenham Hotspur v Sunderland
West Ham United v Liverpool

12 April 2014
Arsenal v West Ham United
Crystal Palace v Aston Villa
Fulham v Norwich City
Liverpool v Manchester City
Manchester United v Hull City
Southampton v Cardiff City
Stoke City v Newcastle United
Sunderland v Everton
Swansea City v Chelsea
West Bromwich Albion v Tottenham Hotspur

19 April 2014
Aston Villa v Southampton
Cardiff City v Stoke City
Chelsea v Sunderland
Everton v Manchester United
Hull City v Arsenal
Manchester City v West Bromwich Albion
Newcastle United v Swansea City
Norwich City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Fulham
West Ham United v Crystal Palace

26 April 2014
Arsenal v Newcastle United
Crystal Palace v Manchester City
Fulham v Hull City
Liverpool v Chelsea
Manchester United v Norwich City
Southampton v Everton
Stoke City v Tottenham Hotspur
Sunderland v Cardiff City
Swansea City v Aston Villa
West Bromwich Albion v West Ham United

3 Mei 2014
Arsenal v West Bromwich Albion
Aston Villa v Hull City
Chelsea v Norwich City
Crystal Palace v Liverpool
Everton v Manchester City
Manchester United v Sunderland
Newcastle United v Cardiff City
Stoke City v Fulham
Swansea City v Southampton
West Ham United v Tottenham Hotspur

11 Mei 2014
Cardiff City v Chelsea
Fulham v Crystal Palace
Hull City v Everton
Liverpool v Newcastle United
Manchester City v West Ham United
Norwich City v Arsenal
Southampton v Manchester United
Sunderland v Swansea City
Tottenham Hotspur v Aston Villa
West Bromwich Albion v Stoke City

Sabtu, 06 Juli 2013

PERSIK KEDIRI SANG RAJA

ASSALAMU ALAIKUM WR WB
PERSIK KEDIRI AKAN KEMBALI KE ISL DAN MENGAMBIL TAHTANYA KEMBALI
SEBAGAI RAJA PERSEPAK BOLAHAN INDONESIA

DAN AKAN MENERKAM SEMUA LAWANNYA
 WALAIKUMU SALAM WR WB

USTADKU ANAK JALANAN PART1

            Pada sore itu Andra berjalan kerumah Bagas di sebrang sungai ia igin mengajak Bagas bermain layang laying.di perjalana ia melihat ada orang yang kelihatannya akanpindah kerumah tersebut.Andra bercerita ke Bagas sambil main layang layang Andra”gas tahu gak kamu tadi akuada orang asingpindah ke rumah pakNur yang kosong itu”. Bagas:”mungkinitu anak atau saudaranya yang ingin tinggal di sana setelah pakNur meninngal”.Andra”oh gitu.”tiba tiba Bu Indri dating sambil marah marah”kemari kamu dasar anak nakal,tahu tidak kambingmu merusak kebunku.”sambil menjewer Andra Bu Indri membawnya ke rumah si Andra untuk di laporkan ke orang tuanya
            Di perjalanan Andra melihat orang pindahan itu lagidan penasan siapa mereka,Bu indri:”kamu belum tahu ya,mereka orang baru di sini ,mereka dari kota Kediri,mereka menyewarumah kosong itu untuk beberapa tahun
            Minggu pagi Andra dkk bermain sepak bola.Erwin menendang bola dengan keras tanpa di sengaja mengenai pot bunga milik pak Mujib mereka langsung lari ketakutan dan semua berpencar.Andra danYusuf istirahat di jembatan yusuf”aduh capek lain waktu jangansepak bola lagi di sana Andra”iya aku kapok,kita pindah saja”di tempat lain Bagas tertangkap pakMujib,sambil menag\ngis Bagas di seret pakMujib,pakBroto dan istrinya di depan rumah kaget melihat anaknya di seret pak Mujib .pak Brotoada apa ini?kenapa kamu seret anaku seperti itu.pak Mujib”anak yang nakal ini merusak pot bungaku” pak Broto:”itu tidak mungkin anaku itu anak baik”bu Chici”iya yah kamu benar tapi sejak anak kita berteman denganAndra anak kita jadi nakal”Bagas mulai berhenti menangis,pak Mujib:”Bagas kamu anak yang baik,mungkin kamu cari saja teman baru yang baik”pak Broto mendekati anaknya dan menyuruh sholat dhuhur
            Di malam harinya Bagas bertemu Andra dkk tapi ia terlihat menghindari mereka,saat itu tiba tiba sebuah mobil berhenti dan menembak pak Broto dan mrnculik Bagas.Andra dkk lari menolong pak Broto dan istrinyatetapi Yoga dan Galihmengejar mobil penculik naas Yoga tertembak dadanya dan mati,semuapun menangis.pakBroto melapor ke polisi bahwa anaknya telah diculik
            4 bulan kemudian bu Chici melahirkan seorang anak bernama marsha tetapi ia sedihteringat putranya tidak dapat melihat adikny.di lain tempatBagas di jual ke seorang preman bernama bang jacky.setiap Bagas di suruh mengamen dan mencopet.pada suatu hari Bagas mencoba kabur dari satpol ppia melompati bunga di tepi jalan tanpadi duga di belakang bunga adalah sungai lalu ia hanyutterbawah arus.kemudian di selamatkan oleh beberapa orang,Bagas:”terima kasih tuhan kau selamatkan aku”bang Jacky:”senang sekali kelihatanya bicah,apa kau piker bias kabur dariku”bang Jacky membuka sms yang baru dating,lalu ia berkata ”hai bocah ada orang yang ingin membelimu”Bagas ketakutan mendengar ucapan bang Jacky.
            Reni merasa aneh desa yang duluramai ketika ia pertama dating kini terlihat sepi .Reni mengajak ayahnya keliling desa,sesampainya di sebuah bendungan mereka melihatanak yang duduk dan melempari sungi.Reni”ayah,kenapa anak itu “ ayah Reni:”ia sedih karena temannya di culik,reni ingin bermain dengannya tapi ia tidak mengenalnya.keesokan harinyareni membawa 2 ekor kucing.reni berpapasan dengan andradan mengajaknya berkenalan,reni meminta andra memegang seekor kucing tetapi andra tetap murung dan reni hanya tersenyum melihatnya.andra melempar kucing ke semak semak tetapi kucing itu mendekati andra, reni “lihat kucing itu walau kau lempar ia tetap kembaliia selalu menganggapmu teman”andra akhirnya tersenyum.pada sore harinya andra mulai membantu orang tuanya seperti dulu lagi.pada suatu hari ada pengumuman akan ada kejuaraan sepak bola tingkat kecamatan semua anak anak berlatih keras setia hari,hingga suatu saat galih mengopel ke sayap kanan ia lupa kalau bagas yang biasanya di sayap kanan sudah tidak ada.galig”ayo bagas oper ke tengah”.semua terdiam sejenak lalu andra datang dan menepuk pundakgalih,andra”tenang bagas pasti pulangdia tidak akan pernah melupakan kita”deni”maafkan aku teman teman aku tidak bisa ikut turnemen bersama kalian”sapto memarahi deni karena tim sudah berkurang karena bagas yang di culik dan yoga mati tertembak andra”kenapa kamu tidak bisa ikut?deni”aku harus ikut ibuku ke jakarta,mungkin aku bisa bertemu bagas”sapto”apa maksudmu”deni”orang bilang banyak anak di culik dijual ke jakarta”sapto mulai merenungi dirinya dan meminta maaf pada deni
            Sore hari bu indri menemukan surat bahwa galih ia ingin mencari bagas hingga ketemu,Ibu indri berteriak teriak lalu tetangga berpencar mencari galihke seluruh desa.di jalan  galih terus menanyai orang apakah mereka mengenal dan melihat  bagas.di siang harigalih  pergi ke  warung membeli minuman ia melihat di tv ada korban  penculikan dibunuh.galih langsung merasa cemas.ia langsung mempercepat langkahnya,ia teringat kata deni,ia mencarike jakarta.andra pergi ke rumahgalihdan bertemu ibu indrilalu menanyakan di mana galih.andra ingin mencari mereka berdua tetapi bu indri melarangnya karena ayahnya andra sedang sakit.
         galih bertemu preman yang ingin merampoknya,tiba tiba ada orang datang preman tersebut langsung terdiamGALIH"kak apa benar itu kau"herman"ia aku kakakmu"preman"maaf bang saya tidak tahu kalu dia adikmu"herman"tidak apa apa,ayo kita ke warung mbok siti"di warung galih menceritakan tentanng bagas yang di culik,sementara timnya kekurangan pemain.kakaknya mengajak teman temannya mencari penculik itu dan untuk sementara anak tetangganya disuruh ikut timnya.
        bang jacky membawa bagas dan 10 anak ke yogyakarta da  sana ada penjual anak untuk di jadikan pekerja di pabrik. mister A"HAY BANG MANA PESANAN KU"bang jacky"tenang saja ini bang pesananya"mister A"kenapa hanya 11 anak bukanya saya minta 35 anak"bang jacky"yang 24 anak lagi masih di cari"mister A" jangan main main denganku aku bukan ank kecil" door kepala bang jacky berdarah lalu semua ketakutan ,anak anak yang di culik berlarian dengan tangan terikat.anak buah bang jacky adu tembak dengan anak buah mister A.bagas lari ke jalan raya tiba tiba ia di tabrak mobil dari arah utara.
        hari rabu andra mengikuti extra bela diri ia bersumpah dalam hatinya untuk menyelamatkan bagas dari penculik danberharap dia masih hidup saat ini pak wiro""andra kamu tidak konsentrasi pada latihan ,sejak pertama masuk aku lihat kamu punya dendam sebaiknya kamu keluar saja"andra "aku tidak mau keluaraku ingin kuat untuk menyelamatkan bagas"pak wiro"percuma saja kau tidak serius latihan"tiba tiba galih datang dan berteriak teriak galih"dra tadi aku lihat ada mobil jenazah di rumah bagas dan ada polisi juga"
     andra tak menghiraukan pak wiro dan galih ia langsung berlari ke rumah bagas ,sesampainya di sana andra bertanya"di mana bagas.aku ingin melihatnya"pak broto"sudah mati ia ada di sana"sambil menunjuk dengan lemas ke arah mayat bagas,pak polisi"maaf pak sebelumnya kami ingin melakukan tes dna untuk memastikan bahwa korban adalah anak anda"bu chici "tak perlu pak ,sudah 3 bulan kami berpisah biarkan ia tenang di alam kubur"
        bagas di kuburkan di pemakaman umum di desanya.reni"andra ini seperti pertama kita bertemu,kamu berdiam diri di bendungan ini"andra terus menangisi kematianya,galih hanya terdiam melihat andra menangis lalu semua temanya mencoba menghiburnya.galih merasa bersalah karena ia yang memberitahu kematian bagas padanya dan tiba tiba galih pingsan dan terjebur ke sungai ,beberapa anak menolong dan membawanya ke darat.BERSAMBUNG

Opick Bila waktu tlah berakhir.mp3 cord guitar

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB selamat datang di blog saya semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi anda,silakan lihat posting yang lain dengan link dibawah:


KUNCI GITAR KOIL KENYATAAN DALAM DUNIA FANTASI


Intro: A5 G5 A5 A#5 A5 G5
A5 G5 A5 A#5 A5 G5 D5
A5 G5 A5 A#5 A5 G5
F5 A#5
A5 G5 A5 A#5 A5 G5
A5 G5 A5 A#5 A5 G5 D5
A5 G5 A5 A#5 A5 G5
F5 A#5

A5                 F5          D5
Di negara ini kita hidup dan bekerja
A5                   F5           D5
Di negara ini kita makan dan berbahagia
A5                           F5          D5
Di tanah yang indah ini bersemilah cintamu yang abadi
A5                       F5          D5
Di negara busuk ini kita tersenyum pedih
int: A5 F5 D5 (2x)

A5
Kita membicarakan kenyataan
F5         D5
Dalam dunia yang tak kumengerti
A5
Kita membicarakan kepasrahan
F5                D5
Dalam spektrum yang hitam dan putih
A5
Kita merasa benar-benar pintar
F5           D5
Memasyarakatkan kebodohan ini
A5
Kita membicarakan kenyataan
F5         D5
Dalam dunia Dantasi
int: A5 F5 D5 4x A5

A5
Aku tak butuh pengertianmu
Aku bukan bagian dari sejarah yang kau tulis
F5           D5
Kau bingkiskan untuk anak dan cucumu
A5
Aku tak butuh penjelasanmu
Aku bukan bagian dari kebanggaan
F5            D5
Yang membuat kita tak berpenghasilan

A5          F5            D5
Nasionalisme adalah tempat tinggal yang kita bela
A5          F5             D5
Nasionalisme untuk negara ini adalah pertanyaan
A5          F5              D5
Nasionalisme untuk negara ini menuju kehancuran
A5          F5                  D5
Nasionalisme menuntun bangsa kami menuju kehancuran

A5
Nasionalisme
A5
Nasionalisme
A5
Nasionalisme
F5             D5
Untuk negara ini adalah pertanyaan
A5
Nasionalisme
A5
Nasionalisme
A5
Nasionalisme
F5                  D5
Menuntun bangsa kami menuju kehancuran
,... Read More

KORD GITAR RUMOR BUTIRAN DEBU





Intro: A E F#m E
D Dm

A      E/G#  F#m            E
namaku cinta ketika kita bersama
D       A/C#    Bm       E
berbagi rasa untuk selamanya
A      E/G#  F#m            E
namaku cinta ketika kita bersama
D       A/C#   Bm      E  A
berbagi rasa sepanjang usia

D                C#m     F#m
hingga tiba saatnya aku pun melihat
Bm                    E
cintaku yang khianat, cintaku berkhianat

Chorus:
A            E             F#m
aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
D            A/C#        Bm   E
aku tenggelam dalam lautan luka dalam
A            E         F#m
aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
D       E         A
aku tanpamu butiran debu

Intro: A E F#m E
D Dm

A      E/G#  F#m            E
namaku cinta ketika kita bersama
D       A/C#    Bm       E
berbagi rasa untuk selamanya
A      E/G#  F#m            E
namaku cinta ketika kita bersama
D       A/C#   Bm      E  A
berbagi rasa sepanjang usia

D                C#m     F#m
hingga tiba saatnya aku pun melihat
Bm                    E
cintaku yang khianat, cintaku berkhianat
C#m F#m Bm E

D        C#m     F#m
menepi menepilah menjauh
Bm                 Dm        E
semua yang terjadi antara kita ooh

[chorus]
A            E             F#m
aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
D            A/C#       Bm   E
aku tenggelam dalam lautan luka dalam
A            E         F#m
aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
D       E         A
aku tanpamu butiran debu

A            E             F#m
aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
D            A/C#       Bm   E
aku tenggelam dalam lautan luka dalam
A            E         F#m
aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
D       E         F#m E
aku tanpamu butiran debu
D       E         F#m B
aku tanpamu butiran debu
D       E         A
aku tanpamu butiran debu
Outro: A E F#m E

D       E         A
aku tanpamu butiran debu

semua berakhir padaMu

MARHABAN YA RAMADHAN

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN
MARHABAN YA RAMADHAN SEMOGA DI BULAN PENUH BERKAH INI
KITA BISA MENJALANKAN IBADAH PUASA DENGAN LANCAR
DAN SEMOGA AMAL IBADAH KITA DI TERIMA ALLAH SWT
DAN SEMOGA KITA TERMASUK UMAT YANG BERIMAN

Jumat, 05 Juli 2013

MARHABAN YA RAMADHAN


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN
MARHABAN YA RAMADHAN SEMOGA DI BULAN PENUH BERKAH INI
KITA BISA MENJALANKAN IBADAH PUASA DENGAN LANCAR
DAN SEMOGA AMAL IBADAH KITA DI TERIMA ALLAH SWT
DAN SEMOGA KITA TERMASUK UMAT YANG BERIMAN