Pages

Subscribe:

Selasa, 18 Agustus 2015

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

 - Cara Menanam atau  budidaya Jahe Merah dalam karung | Jahe merupakan tanaman obat tradisional yang juga biasa digunakan sebagai pelengkap masakan. Jahe mempunyai banyak varietas,namun yang lebih banyak manfaat dan mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi adalah jahe merah. Bentuknya lebih kecil dari pada jenis lainnya rasa pedas hangatnya pun juga lebih tajam.
Mungkin sebagian besar orang mengira jahe hanya bisa dibuat minuman penghangat atau pereda tengorokan yang sedang batuk dan pelengkap masakan saja namun kenyataannya Jahe merah juga bisa buat diet, karena jahe merah mengandung senyawa aktif yang mampu membuat awet dan kenyang jadi jika anda mengkonsumsi jahe merah ketika menjalankan diet sangat bagus sekali, selain itu khasiat jahe merah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan untuk lebih jelasnya mengenai manfaat jahe merah silakan baca postingan ini : Manfaat dan Khasiat Jahe merah.

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Seiring dengan permintaan jahe dipasaran yang semakin meningkat baik pasar luar negeri maupun dalam negeri kini banyak petani yang mencoba membudidayakan jahe merah. Tapi tahukan anda cara menanam jahe yang benar agar mendapatkan panen yang melimpah...?
Ada banyak media yang bisa anda gunakan untuk menanam jahe dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips budidaya jahe didalam karung.

Adapun keuntungan budidaya jahe didalam karung ialah bisa menhemat tempat serta menanam jahe Mengunakan media karung sangat mudah dan dapat menghasilkan panen yang jauh lebih banyak, karena didalam satu karung dapat memanen hingga 20 kg, sedangkan ditanah plg banyak 3 sampai 5 kg. Jadi budidaya jahe merah menggunakan karung pasti akan lebih efisien.

Cara Menanam JaheMerah Dalam Karung
1. Siapkan media tanam
Isi karung dengan tanah halus yang sudah dicampur pupuk kompos ditambah ndolomit dan NPK sebanyak 1 persen dari total media. Isi hingga sepertiga bagian karung. Diam kan hingga 1 minggu agar tercampur unsur hara antara tanah dan pupuk kompos. Aduk aduk tiap hari agar tanah tidak mengeras.

2. Menyiapkan benih.
Pilih benih yang sehat, artinya bibit yang mulus tidak cacat. Bisa membeli dipenjual bibit maupun bibit tanaman jahe yang sudah dipanen dari tanaman sebelumnya. Angin anginkan selama kurang lebih 1 hari. Rendam pada cairan fungisida atau insektisida selama kurang lebih 5 menit.

3. Menanam bibit jahe
Bibit yang sudah direndam cairan fungsida kemudian masukkan kedalam media tanam kurang lebih dengan kedalaman 3 sampai 5 cm.

4. Perawatan
Selama sekitar 25 hari lakukan penyiraman apabila media sudah dirasa kering. Karena pada masa masa itu akar akar rimpang jahe mulai tumbuh sehingga harus cukup air. Pada waktu penyiraman tambahkan pupuk kimia agar pertumbuhannya jahe merah lebih maksimal maksimal.

5. Panen
Jahe merah bisa dipanen pada umur 8-10 bulan.

0 comments: