Pages

Subscribe:

Senin, 09 September 2013

Spesifikasi Nokia Lumia 520 dan harga terbaru

Harga dan spesifikasi Nokia Lumia 520 - Masterz seo. Selamat malam saudara-saudaraku semuanya, bagaimanakah kabar kalian hari ini..? semoga rekan-rekanku semua dalam keadaan yang baik-baik saja serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Pada postingan terdahulu saya  pernah menulis artikel tentang harga dan spesifikasi samsung galaxy fame s6810 dan kali ini saya akan membahas harga dan spesifikasi Nokia Lumia 520 lengkap.
Nokia lumia 520, adalah smartphone keluaran produsen finlandia, yaitu Nokia. Smartphone layar sentuh yang berukuran 4 inci ini adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi windows 8, Nokia lumia 520 telah mengadopsi jaringan 3,5 G HSPA yang memungkinkan bagi penggunanya untuk mengakses internet yang lebih cepat.
Bila anda membandingkan dengan ponsel lokal seperti Smartfren Andromax U Limited (Prosesor Quad Core) sebenarnya perbedaan spesifikasinya tidak terlalu jauh, hanya saja tingkat ketajaman kamera yang di miliki Nokia akan lebih di unggulkan.
nokia lumia 520 harga baru
Spesifikasi lengkap dan harga Nokia Lukia 520 :

Jaringan 2G  :  GSM 850 / 900 / 1800/1900
Jaringan 3G  :  HSDPA 900 / 2100
Jenis kartu  :  Micro-SIM
Diperkenalkan  :  Feb 2013
Harga Perdana  :  Rp. 1,950,000,-
Harga Baru :   Rp.1,800,000,-
Harga Bekas : -
Model  :  Tipe CandyBar Dimensi 119.9 x 64 x 9.9 mm
Berat  :  124 g
Layar  :  480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
Jenis layar  :  IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Warna Hp  :  Yellow, red, cyan, white/black
Lain-lain  :
- Multitouch
- Scratch-resistant glass

Ringtone Tipe  :  MP3, WAV ringtones, 3.5mm jack

Memory Internal  :  8 GB
Slot microSD  :  up to 64 GB, 512 MB RAM

Koneksi  :  GPRS,Class B EDGE Up to 236.8 kbps
Kecepatan  :  HSDPA, 21.1 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Wifi  :  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band
Bluetooth  :  Yes, v3.0 with A2DP
USB  :  Yes, microUSB v2.0
Fitur  : O.S. Microsoft Windows Phone 8
CPU Qualcomm MSM8227, Dual-core 1 GHz, Adreno 305
Message  :  SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser  :  HTML5
Game  :  Yes, Download
Kamera belakang  :  5 MP, 2592х1936 pixels, autofocus, 1/4' sensor size, geo-tagging, Video 720p@30fps
Kamera depan  :  No
Radio  :  No
GPS  : Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java  :  No

Spesifikasi lain
- SNS integration
- Active noise cancellation with dedicated mic
- MP3/WAV/eAAC+/WMA player
- MP4/H.264/H.263/WMV player
- 7GB free SkyDrive storage
- Document viewer
- Video/photo editor
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input

Baterai Tipe  :  Li-Ion 1430 mAh battery (BL-5J)
Siaga  :  360 jam (3G)
Bicara/Aktif  :  14 jam 40 min (2G) / 9 jam 40 min (3G)
Music play 61 h

Itu tadi sedikit ulasan dari saya tentang spesifikasi dan harga Nokia Lumia 520 Lengkap dan terimakasih telah berkunjung di blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna buat anda.

Minggu, 08 September 2013

PANCASILA SEBAGAI SUMBER DARI SEGALA SUMBER HUKUM


-          Sumber hukum ialah sumber yang dijadikan bahan untuk penyusunan peraturan perundang-undangan,baik berupa sumber hukum tertulis maupun tidak tertulis.
-          Sejarah Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis (hukum) tercantum dalam Memorandum DPR-GR 9 Juni 1966 menjelaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah dimurnikan dan dipadatkan oleh PPKI atas nama bangsa Indonesia menjadi dasar negara Republik Indonesia.Memorandum DPR-GR disyahkan pula oleh MPRS melalui Ketetapan MPRS No. XX/MPRS/1966 ( jo Ketetapan MPR No. V/MPR/1973 dan Ketetapan No. IX/MPR/1978 ).Dijelaskan bahwa pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum Indonesia yang hakikatnya adalah sebuah pandangan hidup.
-          Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum juga diatur dalam pasal 2 UU No.10 tahun 2004 tentang pembentukan perundang-undangan yang menyatakan “Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara”.
-          Dilihat dari materinya,Pancasila digali dari pandangan hidup bangsa Indonesia yang merupakan jiwa dan kepribadian bangsaIndonsia sendiri.Dasar Pancasila terbuat dari materi atau bahan dalam negeri yang merupakan asli murni dan menjadi kebanggaan bangsa.Dasar negara Republik Indonesia tidak diimpor dari luar,meskipun mungkin sajamendapat pengaruh dari luar.
-          Dalam ilmu pengetahuan hukum,pengertian sumber dari segala sumber hukum dapat diartikan sebagai sumber pengenal ( kenbron van het recht ) dan diartikan sebagai sumber asal,sumber nilai-nilai yang menjadi penyebab timbulnya aturan hukum ( welbron van recht ).Maka pengertian Pancasila sebagai sumber bukanlah dalam pengertian sumber hukum kenbron sumber tempat ditemukannya,tempat melihat dan mengetahui norma hukum positif,akan tetapi dalam arti welbron sebagai asal-usul nilai,sumber nilai yang menjadi sumber dari hukum positif.Jadi,Pancasila merupakan sumber nilai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dibentuklah norma-norma hukum oleh negara.
-          Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.konsekuensinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan negara terutama segala perundang-undangantermasuk proses reformasi dalam segala bidang dewasa ini dijabarkan dan diderivasikan dari nilai-nilai pancasila.
-          Proklamasi kemerdekaan merupakan norma yang pertama sebagai penjelmaan pertama dari sumber dari segala sumber hukum yaitu pancasila yang merupakan jiwa dan pandangan hidup bangsa Indonesia.Pada tanggal 18 Agustus 1945 sumber dari segala sumber hukum negara Indonesia itu dijelmakan dalam pembukaan UUD 1945 dan pembukaan kecuali merupakan penjelmaan sumber dari segala sumber hukum sekaligus juga merupakan pokok kaidah negara yang fundamental seperti yang diuraikan oleh Notonegoro.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proklamasi kemerdekaan merupakan penjelmaan pertama dari Pancasila sumber dari segala sumber hukum dan pembukaan merupakan UUD 1945 merupakan penjelmaan kedua dari Pancasila sumber dari segala sumber hukum yang memberi tujuan dasar dan perangkat untuk mencapai tujuan itu.
-          Karena pembukaan UUD 1945 merupakan staatsfundamentalforms,yang mengandung 4 pokok pikiran yang tidak lain adalah Pancasila itu sendiri,serta Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum,maka dapat disimpulkan bahwa pembukaan UUD 1945 merupakan filsafat hukum Indonesia.
-          Penjabaran tentang filsafat hukum Indonesia terdapat pada teori hukumnya.Sesuai dengan bunyi kalimat kunci dalam penjelasan UUD 1945 : Undang-Undang dasar menciptakan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan dan pasal-pasalnya.
-          Apabila UUD 1945 merupakan filsafat hukum Indonesia,maka batang tubuh berikut dengan penjelasan UUD 1945 adalah teoori hukumnya.Teori hukum tersebut meletakkan dasar-dasar falsafatihukum positif kita.

Sabtu, 07 September 2013

Smartfren Andromax U harga dan spesifikasi

Harga dan spesifikasi Smartfren Andromax U lengkap - Masterz seo. Setelah samsung gencar-gencarnya mempromosikan produk terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy Gear dan Perusahaan Sony pun ikut mempromosikan produk yang baru di rilis mereka yaitu Sony Xperia i1 Honami Ternyata perusahaan Smartfren tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan smartphone terbaru mereka yaitu Smartfren Andromax U. Ponsel yang baru di rilis ini merupakan smartphone yang berbasis Android yang saat ini banyak di cari-cari oleh para pecinta smartphone karena harga yarga yang di bandrolnya relatif murah namun namun memiliki spesifikasi yang bisa di andalkan. Setelah sukses dengan produk sebelumnya yaitu Smartfren Andromax i kini pihak Smartfren memperkenalkan produk terbarunya dengan maksud mengulang kesuksesan yang sama seperti produk-produk sebelumnya.

Smartfren Andromax U harga dan spesifikasi lengkap

Berikut adalah Spesifikasi lengkap Smartfren Andromax U :

  1. Battery Li-ion 1800mAH
  2. Dual On Stand By EVDO + GSM
  3. 4.5inch IPS Display + One Glass Solution (OGS) (540×960 pixels qHD)
  4. Built in GPS, Digital Compass, Accelerometer
  5. 768 MB RAM, 4GB Internal Storage
  6. GPU Adreno 203
  7. Dual Camera: Back 8MP AF with LED Flash, Front 2MP
  8. GSM GPRS 900/1800Mhz
  9. CDMA EVDO 800/1900Mhz Rev A
  10. Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich
  11. Upgradable to 4.1 Jelly Bean (Q2 2013)
  12. 1.2Ghz Dual Core Processor Qualcomm Snapdragon MSM8625
  13. Wi-Fi Hotspot Capability
  14. Micro RUIM CDMA + SIM GSM enabled 
Smartfren Andromax U memberikan tampilan yang terkesan elegan dan mewah. Selain hal itu dengan adanya layar sebesar 4.5 inchi membuat smartphone ini terlihat semakin menarik. Tidak hanya dari segi tampilannya saja yang menarik, tapi dari segi performanya juga sangat unggul karena smartphone ini telah menggunakan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz dengan RAM mencapai 768 MB.

Kemudian untuk menyimpan file pribadi anda, smartphone ini dibekali dengan media penyimpanan berkapasitas 4 GB yang bisa di upgrade lagi sampai 32 GB menggunakan micro SD. Untuk yang suka berfoto-foto, Smartfren Andromax U juga sudah dilengkapi dengan kamera yang mempunyai kualitas 8 Megapiksel. Kelebihannya masih ada lagi dengan adanya kamera depan berkualitas 2 Megapiksel yang bisa digunakan untuk video call. Sistem operasi smartfren Andromax U sendiri sudah menggunakan Android ICS yang bisa diupgrade menjadi Jelly bean.

Untuk harga Smartfren Andromax U di bandrol dengan harga yang sangat murah sekali yaitu Rp. 1,65 juta saja. Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, bisa dibilang smartphone ini tergolong ekonomis namun memberikan kualitas yang sangat mempuni.

Jumat, 06 September 2013

About

Masterz Seo merupakan sebuah situs yang kami dirikan pada pertengahan April tahun 2013 lalu yang terus kami kembangkan  guna menyebarkan informasi yang bermanfaat buat para pengguna internet. Mengingat kebutuhan akan informasi saat ini sangat penting, kami semaksimal mungkin berusaha memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada semua pengunjung Masterz Seo khususnya informasi mengenai Teknologi dan berbagai tips-tips lainya.

Semua artikel yang kami ulas dalam situs Masterz Seo 95% merupakan hasil ketikan tangan dan buakan hasil copy paste, oleh sebab itu semua bentuk tindakan copy paste pada situs ini tidak kami perbolehkan.

Jika anda melihat artikel dari situs Masterz Seo yang mengarah pada kontent-kontent perjudian, pornografi atau mengarah pada kontent yang melanggar Undang-undang Repblik Indonesia anda dapat melaporkanya pada kami melalui form Contact .

Semua iklan yang kami tayangkan pada situs Masterz Seo bukan sepenuhnya tanggung jawab kami, melainkan tanggung jawab dari pemasang iklan.

Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga semua ulasan yang yang terdapat dalam situs Masterz Seo dapat bermanfaat buat anda.

PRIVACY POLICY

Kebijakan Privasi untuk masterz-seo.blogspot.com
Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tentang kebijakan privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di kandarsari@gmail.com.
Pada masterz-seo.blogspot.com, privasi dari pengunjung kami adalah sangat penting bagi kami. Kebijakan privasi dokumen ini mencantumkan jenis informasi pribadi yang diterima dan dikumpulkan oleh masterz-seo.blogspot.com dan bagaimana ia digunakan.

File log

Seperti banyak situs Web lain, masterz-seo.blogspot.com yang menggunakan file log. Informasi dalam file log meliputi protokol internet (IP) alamat, jenis browser, Internet Service Provider (ISP), tanggal / waktu cap, merujuk / keluar halaman, dan jumlah klik untuk menganalisis kecenderungan, mengelola gerakan situs, melacak pengguna sekitar lokasi, dan mengumpulkan informasi demografis. Alamat IP, dan lain informasi tersebut tidak terkait dengan informasi yang pribadi.

Cookie dan Web Beacon

masterz-seo.blogspot.com tidak menggunakan cookies untuk menyimpan informasi tentang preferensi pengunjung, merekam informasi pengguna tertentu pada halaman mana akses pengguna atau kunjungi, menyesuaikan konten halaman web berdasarkan jenis browser pengunjung atau informasi lainnya yang pengunjung mengirimkan melalui browser mereka.

Cookie DoubleClick DART

:: Google., Sebagai vendor pihak ketiga, menggunakan cookies untuk memasang iklan di ngulas.blogspot.com.
:: Penggunaan Google cookie DART memungkinkan untuk menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan kunjungan mereka ke masterz-seo.blogspot.com dan situs lainnya di Internet..
:: Pengguna dapat membatalkan penggunaan cookie DART dengan mengunjungi iklan Google dan kebijakan privasi jaringan konten di URL berikut -. Http://www.google.com/privacy_ads.html
Beberapa partner periklanan kami mungkin menggunakan cookies dan web beacon di situs kami. Mitra iklan kami meliputi ....
Google Adsense
Server-server iklan pihak ketiga atau jaringan iklan dengan menggunakan teknologi iklan dan link yang muncul di masterz-seo.blogspot.com mengirim langsung ke browser Anda. Mereka otomatis menerima alamat IP anda ketika hal ini terjadi. Teknologi lainnya (seperti cookies, JavaScript, atau Web Beacon) juga dapat digunakan oleh pihak ketiga jaringan iklan untuk mengukur efektivitas iklan mereka dan / atau untuk personalisasi konten iklan yang Anda lihat.
masterz-seo.blogspot.com tidak memiliki akses terhadap atau mengontrol cookies tersebut yang digunakan oleh pihak ketiga pemasang iklan.
Anda harus berkonsultasi dengan kebijakan privasi masing-masing dari pihak ketiga iklan server untuk informasi lebih rinci tentang praktek-praktek mereka serta untuk petunjuk tentang cara memilih dari praktek tertentu. masterz-seo.blogspot.com 's kebijakan privasi tidak berlaku untuk, dan kita tidak dapat mengontrol kegiatan, antara lain atau situs web.
Jika Anda ingin menonaktifkan cookie, Anda dapat melakukannya melalui individu pilihan browser. Informasi lebih lanjut tentang cookie manajemen khusus dengan web browser dapat ditemukan di website masing-masing browser.

Contact



gunung 4



pemandangan kalilanang



gunung2


gunung1


Selasa, 27 Agustus 2013

JADWAL LIGA INGGRIS


Inilah Jadwal Lengkap Liga Primer Inggris 2013/14:
17 Agustus 2013
Arsenal v Aston Villa
Chelsea v Hull City
Crystal Palace v Tottenham Hotspur
Liverpool v Stoke City
Manchester City v Newcastle United
Norwich City v Everton
Sunderland v Fulham
Swansea City v Manchester United
West Bromwich Albion v Southampton
West Ham United v Cardiff City

24 Agustus 2013
Aston Villa v Liverpool
Cardiff City v Manchester City
Everton v West Bromwich Albion
Fulham v Arsenal
Hull City v Norwich City
Manchester United v Chelsea
Newcastle United v West Ham United
Southampton v Sunderland
Stoke City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Swansea City

31 Agustus 2013
Arsenal v Tottenham Hotspur
Cardiff City v Everton
Chelsea v Aston Villa
Crystal Palace v Sunderland
Liverpool v Manchester United
Manchester City v Hull City
Newcastle United v Fulham
Norwich City v Southampton
West Bromwich Albion v Swansea City
West Ham United v Stoke City

14 September 2013
Aston Villa v Newcastle United
Everton v Chelsea
Fulham v West Bromwich Albion
Hull City v Cardiff City
Manchester United v Crystal Palace
Southampton v West Ham United
Stoke City v Manchester City
Sunderland v Arsenal
Swansea City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Norwich City

21 September 2013
Arsenal v Stoke City
Cardiff City v Tottenham Hotspur
Chelsea v Fulham
Crystal Palace v Swansea City
Liverpool v Southampton
Manchester City v Manchester United
Newcastle United v Hull City
Norwich City v Aston Villa
West Bromwich Albion v Sunderland
West Ham United v Everton

28 September 2013
Aston Villa v Manchester City
Everton v Newcastle United
Fulham v Cardiff City
Hull City v West Ham United
Manchester United v West Bromwich Albion
Southampton v Crystal Palace
Stoke City v Norwich City
Sunderland v Liverpool
Swansea City v Arsenal
Tottenham Hotspur v Chelsea

5 Oktober 2013
Cardiff City v Newcastle United
Fulham v Stoke City
Hull City v Aston Villa
Liverpool v Crystal Palace
Manchester City v Everton
Norwich City v Chelsea
Southampton v Swansea City
Sunderland v Manchester United
Tottenham Hotspur v West Ham United
West Bromwich Albion v Arsenal

19 Oktober 2013
Arsenal v Norwich City
Aston Villa v Tottenham Hotspur
Chelsea v Cardiff City
Crystal Palace v Fulham
Everton v Hull City
Manchester United v Southampton
Newcastle United v Liverpool
Stoke City v West Bromwich Albion
Swansea City v Sunderland
West Ham United v Manchester City

26 Oktober 2013
Aston Villa v Everton
Chelsea v Manchester City
Crystal Palace v Arsenal
Liverpool v West Bromwich Albion
Manchester United v Stoke City
Norwich City v Cardiff City
Southampton v Fulham
Sunderland v Newcastle United
Swansea City v West Ham United
Tottenham Hotspur v Hull City

2 November 2013
Arsenal v Liverpool
Cardiff City v Swansea City
Everton v Tottenham Hotspur
Fulham v Manchester United
Hull City v Sunderland
Manchester City v Norwich City
Newcastle United v Chelsea
Stoke City v Southampton
West Bromwich Albion v Crystal Palace
West Ham United v Aston Villa

9 November 2013
Aston Villa v Cardiff City
Chelsea v West Bromwich Albion
Crystal Palace v Everton
Liverpool v Fulham
Manchester United v Arsenal
Norwich City v West Ham United
Southampton v Hull City
Sunderland v Manchester City
Swansea City v Stoke City
Tottenham Hotspur v Newcastle United

23 November 2013
Arsenal v Southampton
Cardiff City v Manchester United
Everton v Liverpool
Fulham v Swansea City
Hull City v Crystal Palace
Manchester City v Tottenham Hotspur
Newcastle United v Norwich City
Stoke City v Sunderland
West Bromwich Albion v Aston Villa
West Ham United v Chelsea

30 November 2013
Aston Villa v Sunderland
Cardiff City v Arsenal
Chelsea v Southampton
Everton v Stoke City
Hull City v Liverpool
Manchester City v Swansea City
Newcastle United v West Bromwich Albion
Norwich City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Manchester United
West Ham United v Fulham

3 Desember 2013
Arsenal v Hull City,
Crystal Palace v West Ham United
Liverpool v Norwich City
Manchester United v Everton
Southampton v Aston Villa
Stoke City v Cardiff City
Sunderland v Chelsea
Swansea City v Newcastle United
West Bromwich Albion v Manchester City

4 Desember 2013
Fulham v Tottenham Hotspur

7 Desember 2013
Arsenal v Everton
Crystal Palace v Cardiff City
Fulham v Aston Villa
Liverpool v West Ham United
Manchester United v Newcastle United
Southampton v Manchester City
Stoke City v Chelsea
Sunderland v Tottenham Hotspur
Swansea City v Hull City
West Bromwich Albion v Norwich City

14 Desember 2013
Aston Villa v Manchester United
Cardiff City v West Bromwich Albion
Chelsea v Crystal Palace
Everton v Fulham
Hull City v Stoke City
Manchester City v Arsenal
Newcastle United v Southampton
Norwich City v Swansea City
Tottenham Hotspur v Liverpool
West Ham United v Sunderland

21 Desember 2013
Arsenal v Chelsea
Crystal Palace v Newcastle United
Fulham v Manchester City
Liverpool v Cardiff City
Manchester United v West Ham United
Southampton v Tottenham Hotspur
Stoke City v Aston Villa
Sunderland v Norwich City
Swansea City v Everton
West Bromwich Albion v Hull City

26 Desember 2013
Aston Villa v Crystal Palace
Cardiff City v Southampton
Chelsea v Swansea City
Everton v Sunderland
Hull City v Manchester United
Manchester City v Liverpool
Newcastle United v Stoke City
Norwich City v Fulham
Tottenham Hotspur v West Bromwich Albion
West Ham United v Arsenal

28 Desember 2013
Aston Villa v Swansea City
Cardiff City v Sunderland
Chelsea v Liverpool
Everton v Southampton
Hull City v Fulham
Manchester City v Crystal Palace
Newcastle United v Arsenal
Norwich City v Manchester United
Tottenham Hotspur v Stoke City
West Ham United v West Bromwich Albion

1 Januari 2014
Arsenal v Cardiff City
Crystal Palace v Norwich City
Fulham v West Ham United
Liverpool v Hull City
Manchester United v Tottenham Hotspur
Southampton v Chelsea
Stoke City v Everton
Sunderland v Aston Villa
Swansea City v Manchester City
West Bromwich Albion v Newcastle United

11 Januari 2014
Aston Villa v Arsenal
Cardiff City v West Ham United
Everton v Norwich City
Fulham v Sunderland
Hull City v Chelsea
Manchester United v Swansea City
Newcastle United v Manchester City
Southampton v West Bromwich Albion
Stoke City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Crystal Palace

18 Januari 2014
Arsenal v Fulham
Chelsea v Manchester United
Crystal Palace v Stoke City
Liverpool v Aston Villa
Manchester City v Cardiff City
Norwich City v Hull City
Sunderland v Southampton
Swansea City v Tottenham Hotspur
West Bromwich Albion v Everton
West Ham United v Newcastle United

28 Januari 2014
Aston Villa v West Bromwich Albion
Crystal Palace v Hull City
Liverpool v Everton
Manchester United v Cardiff City
Norwich City v Newcastle United
Southampton v Arsenal
Sunderland v Stoke City
Swansea City v Fulham

29 Januari 2014
Chelsea v West Ham United
Tottenham Hotspur v Manchester City

1 Februari 2014
Arsenal v Crystal Palace
Cardiff City v Norwich City
Everton v Aston Villa
Fulham v Southampton
Hull City v Tottenham Hotspur
Manchester City v Chelsea
Newcastle United v Sunderland
Stoke City v Manchester United
West Bromwich Albion v Liverpool
West Ham United v Swansea City

8 Februari 2014
Aston Villa v West Ham United
Chelsea v Newcastle United
Crystal Palace v West Bromwich Albion
Liverpool v Arsenal
Manchester United v Fulham
Norwich City v Manchester City
Southampton v Stoke City
Sunderland v Hull City
Swansea City v Cardiff City
Tottenham Hotspur v Everton

11 Februari 2014
Arsenal v Manchester United
Cardiff City v Aston Villa
Hull City v Southampton
Stoke City v Swansea City
West Bromwich Albion v Chelsea
West Ham United v Norwich City

12 Februari 2014
Everton v Crystal Palace
Fulham v Liverpool
Manchester City v Sunderland
Newcastle United v Tottenham Hotspur

22 Februari 2014
Arsenal v Sunderland
Cardiff City v Hull City
Chelsea v Everton
Crystal Palace v Manchester United
Liverpool v Swansea City
Manchester City v Stoke City
Newcastle United v Aston Villa
Norwich City v Tottenham Hotspur
West Bromwich Albion v Fulham
West Ham United v Southampton

1 Maret 2014
Aston Villa v Norwich City
Everton v West Ham United
Fulham v Chelsea
Hull City v Newcastle United
Manchester United v Manchester City
Southampton v Liverpool
Stoke City v Arsenal
Sunderland v West Bromwich Albion
Swansea City v Crystal Palace
Tottenham Hotspur v Cardiff City

8 Maret 2014
Arsenal v Swansea City
Cardiff City v Fulham
Chelsea v Tottenham Hotspur
Crystal Palace v Southampton
Liverpool v Sunderland
Manchester City v Aston Villa
Newcastle United v Everton
Norwich City v Stoke City
West Bromwich Albion v Manchester United
West Ham United v Hull City

15 Maret 2014
Aston Villa v Chelsea
Everton v Cardiff City
Fulham v Newcastle United
Hull City v Manchester City
Manchester United v Liverpool
Southampton v Norwich City
Stoke City v West Ham United
Sunderland v Crystal Palace
Swansea City v West Bromwich Albion
Tottenham Hotspur v Arsenal

22 Maret 2014
Aston Villa v Stoke City
Cardiff City v Liverpool
Chelsea v Arsenal
Everton v Swansea City
Hull City v West Bromwich Albion
Manchester City v Fulham
Newcastle United v Crystal Palace
Norwich City v Sunderland
Tottenham Hotspur v Southampton
West Ham United v Manchester United

29 Maret 2014
Arsenal v Manchester City
Crystal Palace v Chelsea
Fulham v Everton
Liverpool v Tottenham Hotspur
Manchester United v Aston Villa
Southampton v Newcastle United
Stoke City v Hull City
Sunderland v West Ham United
Swansea City v Norwich City
West Bromwich Albion v Cardiff City

5 April 2014
Aston Villa v Fulham
Cardiff City v Crystal Palace
Chelsea v Stoke City
Everton v Arsenal
Hull City v Swansea City
Manchester City v Southampton
Newcastle United v Manchester United
Norwich City v West Bromwich Albion
Tottenham Hotspur v Sunderland
West Ham United v Liverpool

12 April 2014
Arsenal v West Ham United
Crystal Palace v Aston Villa
Fulham v Norwich City
Liverpool v Manchester City
Manchester United v Hull City
Southampton v Cardiff City
Stoke City v Newcastle United
Sunderland v Everton
Swansea City v Chelsea
West Bromwich Albion v Tottenham Hotspur

19 April 2014
Aston Villa v Southampton
Cardiff City v Stoke City
Chelsea v Sunderland
Everton v Manchester United
Hull City v Arsenal
Manchester City v West Bromwich Albion
Newcastle United v Swansea City
Norwich City v Liverpool
Tottenham Hotspur v Fulham
West Ham United v Crystal Palace

26 April 2014
Arsenal v Newcastle United
Crystal Palace v Manchester City
Fulham v Hull City
Liverpool v Chelsea
Manchester United v Norwich City
Southampton v Everton
Stoke City v Tottenham Hotspur
Sunderland v Cardiff City
Swansea City v Aston Villa
West Bromwich Albion v West Ham United

3 Mei 2014
Arsenal v West Bromwich Albion
Aston Villa v Hull City
Chelsea v Norwich City
Crystal Palace v Liverpool
Everton v Manchester City
Manchester United v Sunderland
Newcastle United v Cardiff City
Stoke City v Fulham
Swansea City v Southampton
West Ham United v Tottenham Hotspur

11 Mei 2014
Cardiff City v Chelsea
Fulham v Crystal Palace
Hull City v Everton
Liverpool v Newcastle United
Manchester City v West Ham United
Norwich City v Arsenal
Southampton v Manchester United
Sunderland v Swansea City
Tottenham Hotspur v Aston Villa
West Bromwich Albion v Stoke City

DEMOKRASI PANCASILA

   Pengertian Demokrasi Pancasila – Sahabat Pustakers, seperti yang dibahas sebelumnya, maka pengertian demokrasi secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, yakni “demos” yang artinya rakyat dan “kratos/kratein” artinya kekuasaan/ berkuasa. Jadi demokrasi kalau diartikan secara umumadalah kekuasaan ada ditangan rakyat.
Demokrasi berasal dari pengertian bahwa kekuasaan ada di tangan rakyat. Maksudnya kekuasaan yang baik adalah kekuasaan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Sebelumnya pernah pula dibahas mengenai ciri-ciri demokrasi itu sendiri.
Dan jika kita maknai demokrasi tersebut maka Prilaku demokrasi dalam penerapannya dapat ditunjukkan dengan dengan penerapan sebagai berikut;
1.    Menjunjung tinggi persamaan,
2.    Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban,
3.    Membudayakan sikap bijak dan adil,
4.    Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan, dan
5.    Mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.

Diberbagai belahan bumi ini, ternyata persepsi demokrasi diartikan berbeda-beda, seperti yang dapat kita lihat pada penerapannya di berbagai negara, dan Indonesia pun punya pandangan tersendiri dalam memaknai dan menerapkan demokrasi tersebut dalam tatanan kenegaraan negara kesatuan Republik Indonesia. Demokrasi yang diterapkan Di Indonesia dikenaL dengan nama
Demokrasi Pancasila
Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber kepada kepribadian dan filsafat bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.
Dasar Demokrasi Pancasila adalah Kedaulatan Rakyat (Pembukaan UUD ’45) Negara yang berkedaulatan – Pasal 1 ayat (2) UUD 1945. Keikutsertaan rakyat kehidupan bermasyarakat dan kehidupan bernegara ditentukan peraturan perundang-undangan. Di Indonesia, Demokrasi Pancasila berlaku semenjak Orde Baru. Demokrasi pancasila dijiwai, disemangati dan didasari nilai-nilai pancasila. Dalam demokrasi Pancasila Rakyat adalah Subjek demokrasi, yaitu rakyat sebagai keseluruhan berhak ikut serta aktif “menentukan” keinginan-keinginan dan juga sebagai pelaksana dari keinginan-keinginan itu. Keinginan rakyat tersebut disalurkan melalui lembaga-lembaga perwakilan yang ada yang dibentuk melalui Pemilihan Umum.
Di samping itu perlu juga kita pahami bahwa demokrasi Pancasila dilaksanakan dengan bertumpu pada:
•    demokrasi yang berdasarkan pada Ketuhanan Yang Maha Esa;
•    menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia;
•    berkedaulatan rakyat;
•    didukung oleh kecerdasan warga negara;
•    sistem pemisahan kekuasaan negara;
•    menjamin otonomi daerah;
•    demokrasi yang menerapkan prinsip rule of law;
•    sistem peradilan yang merdeka, bebas dan tidak memihak;
•    mengusahakan kesejahteraan rakyat; dan
•    berkeadilan sosial.
Prinsip pokok Demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut:
Pemerintahan berdasarkan hukum, dalam penjelasan UUD 1945 dikatakan:
Indonesia ialah negara berdasarkan hukum (rechtstaat) dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machtstaat), Pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolutisme (kekuasaan tidak terbatas), Kekuasaan yang tertinggi berada di tangan MPR. Perlindungan terhadap hak asasi manusia,
Pengambilan keputusan atas dasar musyawarah, Peradilan yang merdeka, berarti badan peradilan (kehakiman) merupakan badan yang merdeka, artinya terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain contoh Presiden, BPK, DPR, DPA atau lainnya adanya partai politik dan organisasi sosial politik, karena berfungsi “Untuk menyalurkan aspirasi rakyat”
Pelaksanaan Pemilihan Umum, Kedaulatan adalah ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR (pasal 1 ayat 2 UUD 1945),
Keseimbangan antara hak dan kewajiban, Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan YME, diri sendiri, masyarakat, dan negara ataupun orang lain, Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita Nasional.
Fungsi Demokrasi Pancasila adalah:
•    Menjamin adanya keikutsertaan rakyat dalam kehidupan bernegara Contohnya: ikut mensukseskan Pemilu; ikut mensukseskan Pembangunan; ikut duduk dalam badan perwakilan/permusyawaratan.
•    Menjamin tetap tegaknya negara RI,
•    Menjamin tetap tegaknya negara kesatuan RI yang mempergunakan sistem konstitusional,
•    Menjamin tetap tegaknya hukum yang bersumber pada Pancasila,
•     Menjamin adanya hubungan yang selaras, serasi dan seimbang antara lembaga negara,
•    Menjamin adanya pemerintahan yang bertanggung jawab, Contohnya:  Presiden adalah Mandataris MPR; Presiden bertanggung jawab kepada MPR.
Tujuan Demokrasi Pancasila adalah untuk menetapkan bagaimana bangsa Indonesia mengatur hidup dan sikap berdemokrasi seharusnya.
Bagi bangsa Indonesia dalam berdemokrasi harus sesuai dengan Pancasila karena:
•    sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia;
•    meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME;
•    lebih menghargai hak asasi manusia;
•    menjamin kelangsungan hidup bangsa;
•    mewujudkan masyarakat Indonesia yang demokrasi dan ke adilan sosial.
Hak-hak warga negara dalam pelaksanaan Demokrasi Pancasila di bidang politik, pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.
Di Bidang Politik
yaitu hak yang diakui dalam kedudukannya sebagai warga yang sederajat. Oleh karena itu setiap warga negara wajar mendapat hak ikut serta dalam pemerintahan: yakni hak memilih dan dipilih, mendirikan organisasi atau partai politik, serta mengajukan petisi dan kritik atau saran.
Di Bidang Pendidikan
Untuk memahami hak warga negara dalam bidang pendidikan, perhatikanlah arti dan makna yang terkandung dalam Pasal 31 UUD 1945.
Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa “Tiap-tiap Warga Negara berhak mendapat pengajaran” Pasal 31 ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional yang diatur dengan Undang-undang”
Makna isi Pasal 31 (1) UUD 1945 tersebut merupakan pengakuan bangsa Indonesia atas hak memperoleh pengajaran. Dalam hal ini berarti pemerintah dituntut untuk mengadakan sekolah-sekolah baik umum maupun kejuruan, dengan mengingat kemampuan pembiayaan dan perlengkapan lain yang dapat disediakan oleh pemerintah.
Menurut Pasal 31 ayat (2) UUD 1945 mengandung maksud “Pemerintah harus mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional, sesuai dengan Undang-undang yang telah ditetapkan. Undang-undang yang mengatur Pasal 31 itu adalah UU No. 2 Tahun 1989 yang masih berlaku saat ini, sedangkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang pendidikan antara lain: Peraturan Pemerintah (PP) No. 27, No. 28, 29, dan No. 30 Tahun 1990.
Dalam UU No. 2 Tahun 1989 itu antara lain disebutkan fungsi Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional. Sedangkan tujuan Pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, y aitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Di Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, negara Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi; artinya perekonomian itu dikerjakan oleh semua, untuk semua di bawah pimpinan atau pengawasan anggota masyarakat.
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.Dalam hal ini perekonomian jangan sampai jatuh ke tangan orang yang berkuasa, dan rakyat banyak yang tertindas.[ps]



Jumat, 16 Agustus 2013

DAFTAR JUARA PIALA EROPA

NO/TAHUN/NAMA
1.1960 RUSIA
2.1964 SPANYOL
3.1968 ITALIA
4.1972 JERMAN
5.1976 R CEKO
6.1980 BELANDA
7.1984 PRANCIS
8.1988 BELANDA
9.1992 DENMAR
10.1996 JERMAN
11.2000 PRANCIS
11.2004 YUNANI
12.2008 SPANYOL
13.2012 SPANYOL
*REKOR JUARA PIALA EROPA
1.JERMAN & SPANYOL JUARA 3 KALI
2.PRANCIS JUARA 2 KALI

DAFTAR JUARA PIALA EROPA

NO/TAHUN/NAMA
1.1960 RUSIA
2.1964 SPANYOL
3.1968 ITALIA
4.1972 JERMAN
5.1976 R CEKO
6.1980 BELANDA
7.1984 PRANCIS
8.1988 BELANDA
9.1992 DENMAR
10.1996 JERMAN
11.2000 PRANCIS
11.2004 YUNANI
12.2008 SPANYOL
13.2012 SPANYOL
*REKOR JUARA PIALA EROPA
1.JERMAN & SPANYOL JUARA 3 KALI
2.PRANCIS JUARA 2 KALI

DAFTAR TIM JUARA PIALA DUNIA

NO/TAHUN/NAMA
1.1930 URUGUAIT
2.1934-1938 ITALIA
3.1950 URUGUAT
4.1954 JERMAN
5.1958-1962 BRAZIL
6.1966 INGGRIS
7.1970 BRAZIL
8.1974 JERMAN BARAT
9.1978 ARGENTINA
10.1982 ITALIA
11.1986 ARGENTINA
12.1990 JERMAN
13.1994 BRAZIL
14.1998 PRANCIS
15.2002 BRAZIL
16.2006 ITALIA
17 2010 SPANYOL
18 2014 ?
*REKOR JUARA PIALA DUNIA
1.BRAZIL JUARA 5 KALI
2.ITALIA & JERMAN JUARA3 KALI
3.ARGENTINA JUARA 2 KALI

Rabu, 31 Juli 2013

Pengertian PPC (pay per click)

Masterz Seo - Pengertian PPC (pay per click) . Selamat malam sobat di mana pun anda berada. Setelah seharian kerja akhirnya bisa online juga sambil ngutek-ngutek blog butut saya ini..he..he..
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting artikel tentang pengertian PPC atau pay per klick. Mohon jangan di hina kalau postingan saya ini jelek dan sedikit kampungan ya maklum aja saya ini cuma seorang blogger pemula yang iseng-iseng membuat blog untuk mengisi waktu luang aja.
Oke sob tidak usah berpanjang lebar lagi langsung aja ke topik utama yang akan saya bahas kali ini yaitu pengertian PPC.
pengertian ppc
PPC ( Pay Per Click ) adalah sejenis program di mana anda menjadi seorang publisher periklanan online. Peranan anda adalah sebagai pengelola website yang menampilkan iklan dari pihak ketiga di website anda , jadi untuk mendaftar atau mengikuti program PPC tentunya anda harus memiliki sebuah blog atau website pribadi. Keuntungan menjadi publisher iklan PPC adalah anda akan mendapatkan laba klik dari iklan yang sudah terpasang di blog anda. Besarnya laba klik tergantung dari kebijakan yang telah di tetapkan oleh penerbit iklan. Jika anda ingin mencari uang lewat internet secara gratis dan tanpa resiko saya rasa program ini perlu di coba.
PPC yang paling terkenal dan sangat di idolakan oleh para blogger adalah Adsense yang di kelola sendiri oleh google tapi sayang untuk menjadi publisher PPC Adsense ini syarat-syaratnya sulit banget, di antaranya adalah anda harus mempunyai blog bahasa Inggris, mempunyai trafik yang tinggi, artikel yang anda tulis harus murni bukan hasil copy paste dan masih banyak lagi. Tapi tidak usah kecewa karena masih banyak program PPC lokal yang bagus utuk di ikuti di antaranya yang paling ternenal andalah PPC kumpulblogger.com dan PPC kliksaya.com.
Jadi jika anda tertarik dengan bisnis online gratis ini cepetan daftarin blog kamu. syarat-syarat untuk mengikuti program PPC lokal juga tidak terlalu ribet kok cukup tingkatkan trafik blog kamu agar banyak iklan yang kamu pasang di klik pengunjung.
Untuk daftar ppc lokal yang terbukti membayar dan tidak scam silakan baca ulasan terdahulu saya yaitu PPC lokal terbaik Indonesia dan Terbukti Membayar .
Itu tadi sedikit artikel dari saya tentang Pengertian PPC atau pay per click, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Saran Artikel :


Selasa, 30 Juli 2013

selamat hari raya idul fitri



SEJARAH ISLAM DI BURMA

SEJARAH ISLAM DI BURMA(MYANMAR)

SEJARAH KEDATANGAN ISLAM DI MYANMAR(BURMA)
Generasi Muslim Pertama di Burma
Generasi awal Muslim yang datang ke delta Sungai Ayeyarwady Burma, yang terletak di pantai Tanintharyi dan di Rakhine bermula pada abad ke 9, sebelum pendirian imperium pertama Burma pada tahun 1055 AD oleh Raja Anawrahta dari Bagan. Keberadaan orang-orang Islam dan da’wah Islam pertama ini didokumentasikan oleh para petualang Arab, Persia, Eropa, dan Cina abad ke 9. Orang-orang Islam Burma merupakan keturunan dari orang-orang Islam yang menetap dan kemudian menikahi orang-orang dari etnis Burma setempat. Orang-orang Islam yang tiba di Burma umumnya sebagai pedagang yang kemudian menetap, anggota militer, tawanan perang, pengungsi, dan korban perbudakan. Bagaimanapun juga , ada diantara mereka yang mendapat posisi terhormat sebagai penasehat raja, pegawai kerajaan, penguasa pelabuhan, kepala daerah, dan ahli pengobatan tradisional.
Muslim Persia tiba di utara Burma yang berbatasan dengan wilayah Cina Yunnan sebagaimana tercatat pada Chronicles of China pada tahun 860 AD. Orang-orang Islam Burma kadang-kadang di sebut Pathi, sebuah nama yang dipercayai berasal dari Persia. Banyak perkampungan di utara Burma dekat dengan Thailand tercatat sebagai penduduk Muslim, dengan jumlah orang-orang Islam yang sering melebihi penduduk lokal Burma. Dalam sebuah catatan, Pathein dikatakan mendiami Pathis, dan pernah dipimpin oleh Raja India Muslim pada abad ke 13. Para pedagang Arab juga tiba di Martaban, Margue, dan ada pula perkampungan Arab di kepulauan Meik.
Selama pemerintahan Raja Bagan Narathihapate (1255-1286), pada masa perang pertama orang Cina dan Burma, Muslim Tartar Kublai Khan menyerang Kerajaan Kafir dan menduduki wilayah hingga ke Nga Saung Chan. Pada tahun 1283, Kolonel Nasruddin dari Turki menduduki wilayah hingga ke Barnaw (Kaungsin). Orang Turki (Tarek) disebut Mongol, Manchuria, Mahamaden atau Panthays.


Pelaut dan Pedagang Muslim
Bermula dari abad ke 7, para pedagang Arab datang dari Madagaskar melakukan perjalanan ke Cina melalui kepulauan India Timur, berhenti di Thaton dan Martaban. Orang laut Bago, mungkin menjadi Muslim, juga tercatat oleh para sejarawan Arab abad ke 10. Mengikuti perjalanan ini, pelaut dan tentara Muslim Burma dilaporkan telah melakukan perjalanan ke Melaka selama pemerintahan Sultan Parameswara pada abad ke 15. Dari abad ke 15 hingga 17, ada beberapa catatan dari para pelaut, pedagang, dan penduduk Muslim Burma tentang seluruh pesisir Burma : pantai Arakan, (Rakhine), delta Ayeyarwady dan pantai dan kepulauan Tanintharyi. Pada abad ke 17, Muslim menguasai perdagangan dan menjadi kuat. Mereka diangkat menjadi Gubernur Mergui, Raja Muda Propinsi Tenasserim, Penguasa Pelabuhan, Gubernur Pelabuhan dan Shahbandar (para pegawai pelabuhan senior)
Para Tawanan Perang Muslim
Burma memiliki sejarah panjang tentang pendudukan oleh para tawanan perang Muslim. Pada tahun 1613, Raja Anaukpetlun menangkap Thanlyin atau Syriam. Para prajurit upahan Muslim India di tangkap dan kemudian menetap di Myedu, Sagaing, Yamethin dan Kyaukse, wilayah utara Shwebo. Raja Sane (Say Nay Min Gyi) membawa beberapa ribu tawanan perang Muslim dari Sandoway dan menetap di Myedu pada tahun 1707 AD. Tiga ribuan Muslim dari Arakan menjadi pengungsi dibawah Raja Sane pada tahun 1698-1714. Mereka terbagi dan bertempat tinggal di Taungoo, Yamethin, Nyaung Yan, Yin Taw, Meiktila, Pin Tale, Tabet Swe, Bawdi, Syi Tha, Syi Puttra, Myae Du dan Depayin. Dekrit Raja ini telah disalin dari Perpustakaan kerajaan di Amarapura pada tahun 1801 oleh Kyauk Ta Lone Bo. Pada pertengahan abad 18, Raja Alaungpaya menyerang Assam dan Manipur India, kemudian membawa banyak orang Islam untuk menetap di Burma. Orang-orang Islam inilah yang kemudian berasimilasi untuk membentuk cikal bakal Muslim Burma. Selama kekuasaan raja Bagyidaw (1819-1837), Maha Bandula menyerang Assam dan membawa kembali 40.000 tawanan perang, kebanyakan dari mereka adalah kaum Muslimin.
Keadaan umat islam di Myanmar
Penduduk Islam di Myanmar merupakan kumpulan minoritas Muslim yang terbesar di Asia Tenggara. Mereka adalah penduduk yang memiliki nasib sama dengan penduduk Muslim di Thailand dan Filipina. Pemerintah Myanmar memperlakukan Muslim secara kejam, Muslim diusir dari negerinya, harta dirampas dan pemerintah juga menafikan hak kewarganegaraan mereka.
a. Proses Islamisasi
Islam masuk ke Myanmar khususnya wilayah Arakan adalah pada abad ke-1 H/7 M yang dibawa oleh para pedagang Arab yang datang ke Akyab, ibu kota Arakan. Namun Muslim di Arakan dalam proses islamisasi memakan waktu yang lama untuk mewujudkan suatu kekuasaan, mereka baru dapat mendirikan Negara Islam Arakan pada abad ke-8 H/14 M. Proses penyebaran Muslim dari pantai Arakan kemudian lanjut ke selatan dan masuknya Islam ke Myanmar tidak hanya dibawa oleh para pedagang Arab, Muslim Malaysia dan India juga mempunyai peranan yang penting dalam penyebaran Muslim di Myanmar.
Muslim Burma terdiri dari dua kelompok etnik, yaitu yang berasal dari Indo Pakistan mereka hidup terutama di kota-kota besar mempunyai hubungan yang kuat dengan anak benua India dan yang lainnya berasal dari orang Burma (penduduk asli). Kemudian hukum keluarga Muslim berlaku dan sekitar 5.000 Muslim pergi melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Di kota-kota besar, ada beberapa mesjid dan al-Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Burma oleh suatu tim Muslim yang benar-benar menguasai materi tentang itu.
Kekuasaan Islam di Arakan berjalan lebih kurang selama 350 tahun dengan 48 orang sultan yang memerintah silih berganti, sehingga dijajah oleh Burma pada tahun 1784 dan penjajahan ini berlanjut dengan diambil alih oleh British pada tahun 1822. Pada tahun 1880-an orang-orang Islam di India berbondong-bondong hijrah ke Myanmar, sehingga jumlah Muslim semakin meningkat di Myanmar.
Pada tahun 1948 British memberikan kemerdekaan kepada Myanmar, dengan demikian Arakan daerah kekuasaan Islam menjadi daerah kekuasaan Myanmar. Hal ini membuat Muslim tidak senang, karena mereka diperlakukan secara kejam oleh pemerintah bahkan kewarganegaraan mereka dinafikan. Kondisi ini telah membuat Muslim menuntut agar mereka diberi otonomi untuk menjalankan pemerintahan sendiri.
b. Muslim Setelah Kemerdekaan Myanmar
Setelah Myanmar merdeka dari British pada tahun 1948, pemerintah Myanmar senantiasa waspada terhadap kedudukan Muslim yang penting di ibu kota Negara. Kemudian Muslim juga banyak yang mempunyai jabatan penting di pemerintahan disamping keterlibatan mereka dalam urusan perniagaan yang membuat Muslim memperoleh kemewahan dari hasil perdagangan. Hal ini telah melahirkan sentimen bagi pemerintah Myanmar dan akhirnya terjadilah kontroversi antara Muslim dengan orang Myanmar yang berakibat banyaknya nyawa orang-orang Islam yang menjadi korban.
Rasa sentimen yang begitu mendalam juga menyebabkan munculnya tindakan keganasan dari pemerintah Myanmar terhadap orang Muslim tanpa perikemanusiaan. Tahun 1930-an merupakan permulaan era kemelaratan dan penindasan bagi orang-orang Islam di Myanmar. Beberapa serangan kejam telah dilakukan terhadap Muslim pada tahun 1931 sampai 1938 dan serangan yang paling ganas serta kejam telah terjadi di Yangon dan Mandanay. Di perkirakan dalam peristiwa tersebut sebanyak 200 orang Muslim terbunuh akibat keganasan tentara Myanmar.
Tanah-tanah Muslim dirampas, pemerintah dengan masyarakat Buddha juga menindas masyarakat Islam dengan memeras uang dan memaksa mereka memberi opeti serta memenjarakan mereka dengan sewenang-wenang. Sebagian umat Islam di usir dan tidak boleh kembali kekampung halamannya. Menjelang tahun 1971 dan tahun-tahun berikutnya, kekejaman yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap Muslim terus meningkat tajam. Pada tahun 1977 pemerintah Myanmar melancarkan Operasi Raja Min yang juga dikenal dengan Operasi Naga Min, yaitu operasi benci untuk memeriksa semua penduduk dan mengklasifikasikan mereka kepada dua kategori, yaitu penduduk Burma dan rakyat asing.
Orang-orang Buddha mulai di tempatkan di daerah-daerah Muslim dan mesjid-mesjid dibakar, gedung-gedung perniagaan milik orang-orang Islam di kota Akyab juga dibakar. Orang-orang Islam diejek, dipukul dan dibunuh sewenang-wenang, wanita-wanita diperkosa serta sebagian besar dipaksa menikah dengan tentara Myanmar yang beragama Buddha. Kondisi yang lebih parah lagi pada tahun 1964 orang Muslim tidak dibenarkan lagi melaksanakan ibadah haji, walaupun pada tahun 1980 kebijakan itu dicabut tetapi perbelanjaannya sangat mahal dan terpaksa melalui berbagai prosedur yang sangat rumit.
c. Perlawanan Muslim
Perlakuan pemerintah Myanmar yang tidak baik terhadap Muslim telah membangkitkan semangat Muslim untuk melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap pemerintah Myanmar. Apalagi keinginan otonomi tidak mendapat sahutan dari pemerintah yang sangat kejam, semakin membuat Muslim sadar karena mereka sudah diotak atik oleh pemerintah sesuai seleranya. Puncak perlawanan Muslim terjadi pada tahun 1948 berlanjut sampai tahun 1954 yang dikenal dengan Pemberontakan Mujahid yang dipimpin oleh Kasim. Namun Kasim akhirnya tertangkap, tetapi perjuangan umat Islam terus berjalan sampai tahun 1961 dalam memperjuangkan kemerdekaan dari pemerintah.
Perjuangan yang pada mulanya sempat memudar akhirnya pada dekade 1970-an dan 1980-an kembali aktif. Semenjak itu, perlawanan umat Islam tidak henti-hentinya terhadap pemerintah yang selalu bertindak zalim terhadap umat Islam. Kemudian semenjak tahun 1980, Muslim dari daerah lain dipaksa keluar dari Myanmar dengan penganiayaan yang tidak kalah pelaknya dan ribuan Muslim lari ke Thailand dan Malaysia.
d. Kondisi Sosial dan Pendidikan Muslim Myanmar
Kondisi Muslim di Myanmar saat ini, menurut muslim mereka sangat teraniaya dengan perlakuan pemerintah yang sangat kejam, dan mereka merasa tidak mendapatkan tempat yang sama dalam urusan pekerjaan. Adapun dalam bidang pendidikan, mereka kalau sekolah di sekolah umum tidak akan mendapatkan pelajaran agama, sedangkan kalau sekolah di sekolah agama (Islam) mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja di pemerintahan sebagaimana alumni pelajar umum lainnya. Namun hal yang tidak dilihat oleh muslim adalah bagaimana sebenarnya pemerintah telah berusaha memfasilitasi muslim dengan baik, baik dalam masalah pendidikan maupun dalam masalah perlakuan pemerintah.
Fasilitas pendidikan yang didapat oleh muslim adalah pemerintah mendirikan sekolah dan membantu untuk pembangunan mesjid. Semua ini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya pemerintah sangat memperhatikan masalah pendidikan warga tanpa membedakan antara pemeluk agama yang satu dengan lainnya. Kemudian muslim beranggapan bahwa pemindahan penduduk yang beragama Buddha ke daerah muslim dianggap sebagai program pemoritasan pemerintah terhadap muslim. Padahal secara kajian statistik program yang dijalankan oleh pemerintah adalah dalam rangka pemerataan penduduk dan menghindari kebanyakan/ledakan penduduk pada suatu wilayah tertentu.
kelompok Islam peduli terhadap nasib Rohingya(myanmar)
Chiang Mai (Mizzima) – organisasi Muslim dari ASEAN telah mendesak pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah Rohingya di Burma dan konflik di Thailand selatan dan Filipina sans operasi militer.
Sarawut Sriwanyot, Ketua Dewan Organisasi Muslim Thailand mengatakan hari Sabtu bahwa pertemuan bekerjasama dengan Komite Nusantara untuk Keadilan dan Perdamaian, Penang dan LSM berbasis di Jakarta dan 45 organisasi sipil dari Malaysia, Indonesia, Burma, Filipina dan Thailand fokus pada tiga masalah konflik terhadap etnis minoritas, termasuk di negara Rohingya Arakan, Burma.
“Kami prihatin tentang nasib orang Rohingya di Burma, yang menolak kewarganegaraan oleh pemerintah Burma. Mereka menghadapi pelanggaran hak asasi manusia seperti etnis minoritas lain, yang telah meninggalkan negeri karena kurangnya kesempatan kerja. Kemudian mereka pergi dengan kapal untuk negara-negara lain ASEAN, khususnya Indonesia dan Malaysia, “katanya.
Dia mengatakan pertemuan itu sepakat “untuk memanggil Rohingya hak-hak sebagai warga negara Burma Mereka harus memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pembangunan demokrasi di negara dengan cara yang sama dengan mayoritas umat Buddha dan kelompok etnis lainnya.. Kami berharap bahwa ASEAN akan mengusulkan ini ke rezim Burma, “menurut sebuah laporan di situs web berita Thailand Prachatai pada hari Senin.
Pertemuan dua hari berjudul “Peoples Call untuk Keadilan dan Perdamaian”, yang diselenggarakan oleh Dewan Organisasi Muslim Thailand dan Inisiatif Nusantara untuk Keadilan dan Perdamaian (Nadi), Penang dan LSM berbasis di Jakarta di Pusat Islam, Bangkok, fokus pada kampanye militer, dampaknya, dan situasi manusia dari Rohingyas hak di Arakan, Burma, Muslim di Yala, Narathiwat, Patani dan Satun, Thailand Selatan dan The Bangsamoro di Mindanao, Filipina.
Itu akan diserahkan kepada pemerintah Thailand dan negara-negara anggota ASEAN lainnya, mendesak mereka untuk menghindari opsi militer untuk penyelesaian konflik mendukung strategi damai dan holistik untuk penyelesaian sengketa, sosial-ekonomi pembangunan dan pemberdayaan politik.
para pemimpin ASEAN akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN berikutnya di 15 provinsi Prachaub Petchburi Kirikhan dan Thailand, dari 21 -25 Oktober 2009, di tengah-tengah keamanan yang ketat oleh pemerintah Thailand. There is apprehension that anti-government groups would disrupt the meeting as had happened in April. Ada kekhawatiran bahwa kelompok-kelompok anti-pemerintah akan mengganggu pertemuan seperti yang terjadi pada bulan April.
Tuntutan lain termasuk: promosi keterlibatan dan konsultasi antara Amerika dan orang-orang mereka, kebutuhan untuk hidup sampai tanggung jawab bersama untuk resolusi konflik dan perselisihan dan menghindari opsi militer dalam menyelesaikan masalah, menurut pernyataan yang dikeluarkan hari Sabtu.
Mereka juga meminta resolusi segera penderitaan dari Rohingyas, kerusuhan Thailand Selatan dan perjuangan Bangsamoro di Filipina melalui konsultasi bersama dan upaya kolektif antara semua pemerintah ASEAN berdasarkan keadilan dan hak-hak sah rakyat.
Tentang pengungsi dan pekerja migran yang mereka sebut pada pemerintah untuk meratifikasi Konvensi 1951 Berkaitan dengan Status Pengungsi, Protokol 1967 perusahaan, 1954 Konvensi Mengenai Status Orang Tanpa negara, Konvensi 1961 tentang Pengurangan Kewarganegaraan dan Konvensi Internasional tahun 1990 Perlindungan Hak Semua Buruh Migran dan Anggota Keluarganya.
Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Burma
Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Burma (dicatat dalam Hmannan Yazawin atau Glass Palace Chronicle ) adalah Byat Wi selama pemerintahan Mon, seorang Raja Thaton, sekitar tahun 1050 AD. [1] Dia dibunuh bukan karena dia seorang Muslim, tetapi karena raja mengkhawatirkan kekuatannya.
Shwe Byin saudara dieksekusi
Kedua anak kakak Wi Byat Byat Ta, yang dikenal sebagai saudara Byin Shwe, adalah anak-anak dihukum mati karena mereka menolak untuk mematuhi perintah kerja paksa raja, mungkin karena kepercayaan agama mereka. [2] [3]
Tetapi yakin bahwa mereka membunuh bukan karena mereka Muslim atau karena mereka gagal untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan pagoda tetapi karena raja atau orang berjalan di koridor kekuasaan di istana khawatir tentang popularitas dan keterampilan. Ini jelas tercatat dalam Istana Kaca Chronicle dari Raja-raja Burma bahwa mereka tidak lagi dipercaya.
Pembunuhan Yaman Kan Nga
Rahman Khan (Nga Yaman Kan) adalah muslim lain dibunuh karena alasan politik, karena pengkhianatan kepada raja sendiri dan jelas bukan sebagai penganiayaan agama. Selama waktu perang, pahlawan nasional terkenal Raja Kyansittha dikirim pemburu sebagai penembak jitu untuk membunuh dia. [5] [6]

Pembantaian di Arakan
Lain pembunuhan massal Muslim di Arakan mungkin bukan karena alasan religius, tapi mungkin karena hanya politik dan keserakahan. Shah Shuja adalah putra kedua dari Kaisar Mogul Shah Jahan yang membangun Taj Mahal yang terkenal dari India. Shah Shuja kehilangan kepada saudaranya dan melarikan diri dengan keluarganya dan tentara ke Arakan. Raja Arakan Sandathudama (1652-1687 M), memungkinkan dia untuk menetap di sana. Dia ingin membeli kapal untuk pergi ke Mekah dan bersedia membayar dengan perak dan emas. Tetapi raja Arakan meminta putrinya dan juga menjadi serakah karena kekayaannyaAkhirnya setelah upaya gagal diduga pada pemberontakan sultan dan semua pengikutnya tewas. Orang-orang terlihat memiliki jenggot, simbol Islam, dipenggal kepalanya, bukan karena mereka Muslim, tetapi karena mereka dengan mudah diidentifikasi dari orang lain dengan fitur ini. Wanita itu dimasukkan ke dalam penjara dan membiarkan mereka mati karena kelaparan. Oleh karena itu, pembantaian ditargetkan pada pengungsi muslim dari India bukan karena agama mereka, Islam, tetapi untuk alasan ekonomi atau politik.
Muslim di bawah Bayintnaung
Muslim bertugas di bawah raja Burma Bayintnaung (1550-1589 M).]Pada tahun 1559 Masehi setelah menaklukkan Baru (Pegu) ia melarang umat Islam dari memiliki halal makan kambing dan ayam dengan tidak memungkinkan mereka untuk membunuh hewan-hewan ini dalam nama Allah .Dia menunjukkan beberapa intoleransi agama dan telah memaksa beberapa rakyatnya untuk mendengarkan khotbah Buddha dan beberapa bahkan kata yang akan dikonversi dengan kekerasan.Dia juga batasan tersebut Adha Edil, Kurbani pengorbanan sapi.
Muslim di bawah Alaungpaya
Raja Alaungpaya (1752-1760) muslim dilarang untuk melakukan halal pada ternak.
Bodawpaya
Raja Bodawpaya (1782-1819) menahan empat terkenal Burma Muslim Moulvis (Imam) dari Myedu dan membunuh mereka di Ava, ibu kota, setelah mereka menolak untuk makan daging babi. [16] Menurut Muslim Myedu dan Burma versi Islam ada tujuh gelap hari setelah eksekusi itu dan raja kemudian meminta maaf dan diakui mereka sebagai orang-orang kudus.
Anti-Islam dan anti-India Kerusuhan di bawah pemerintahan Inggris
Inggris Resmi White Paper
Dia adalah hakim di Rangoon, saksi kerusuhan, yang menulis bukunya berdasarkan Inggris Resmi White Paper diberikan oleh Komisi Simon (Royal Resmi Komisi, ditunjuk menurut Hukum Pemerintah India tahun 1919, The Chelmsford Montague-Undang.) [19]


Anti-India dan sentimen anti-Islam mulai selama pemerintahan Inggris
Sentimen anti-India dimulai setelah Perang Dunia Pertama pada masa pemerintahan Inggris. [20] Di Burma ada Muslim setengah juta pada tahun 1921 Lebih dari setengah orang India India Muslim. [21] Meskipun Burma umat Islam berbeda dari umat Islam India dan Burma umat Islam India, Burma Budha menempatkannya bersama, bahkan dengan Hindu India, dan memanggil mereka Kala. [22]
Akar kebencian ini adalah:
Sebelumnya Muslim penganiayaan umat Buddha dan Hindu selama perang penaklukan Mughal, di mana banyak Buddha dan Hindu secara paksa dikonversi.
  1. Rendahnya standar hidup dari pendatang baru.
  2. migran Terkini ‘kesediaan untuk melakukan, kotor, pekerjaan sulit dan berbahaya.
  3. India mengambil alih tanah terutama Chittiers Burma.
  4. India sudah penuh dan memonopoli jasa pemerintah ketika Burma kemudian siap untuk pekerjaan-pekerjaan.
  5. Profesional kompetisi.
  6. Dunia resesi ekonomi tahun 1930 memperparah kompetisi untuk kue ekonomi berkurang.
Muslim di bawah U Nu
AFPFL mengusir Burma Kongres Muslim
BMC, Burma Kongres Muslim didirikan hampir bersamaan dengan AFPFL,-Fasis Rakyat Anti Partai Kebebasan Jenderal Aung San dan U Nu sebelum Perang Dunia Kedua . Pada tanggal 25 Desember 1945 di Pyin Mana, U Razak terpilih menjadi Presiden BMC dan memutuskan untuk bergabung AFPFL U Razak terpilih AFPFL Presiden di distrik Mandalay pada tahun 1946. Kemudian Gubernur menerimanya sebagai anggota dewan konstitusional. Dia memiliki hubungan sangat baik dengan Buddha dan bahkan fasih berbahasa Pali (Buddha suci ini ditulis dalam bahasa kuno dari India). Ia menjadi Menteri Pendidikan dan Perencanaan di’s (Bogoke Jenderal Aung San) Pemerintah dan kemudian dibunuh dengan dia. [35] Tapi ia mendukung kebijakan utama AFPFL: yang melawan partisi sepanjang masyarakat atau garis agama.U Razak dan beberapa rekan-nya keberatan terhadap perjuangan mereka menuntut jaminan konstitusional khusus untuk kaum minoritas Muslim Burma. Jadi, meskipun U Razak adalah, sangat populer penting dan pemimpin Muslim terkemuka Burma yang berhasil diselenggarakan Burma umat Islam untuk bisa mendapatkan catatan resmi bahwa mereka telah berpartisipasi sejak awal perjuangan menuju kemerdekaan Burma Nasional.
dia berdiri dari bersatu Burma (Myanmar) bangsa mengorbankan kepentingan jangka panjang untuk menjamin hak-hak minoritas muslim Burma puas bukan hanya para pemimpin Buddha Burma dari AFPFL, tapi anehnya juga Pemerintah Inggris. Mungkin karena itu ia mendapat banyak penghargaan pribadi. U Raschid dan lebih menonjol U Khin Maung Lat, berikut kebijakan umum mengorbankan Hak dan Kepentingan Masyarakat Muslim Burma untuk ‘negara dan partai mereka Tidak heran sebagian besar Muslim Burma kemudian menolak untuk menganggap atau mengakui ini ‘tertarik’ politisi kawakan diri sebagai wakil sejati atau penyelamat Menteri. Perdana U Nu, hanya beberapa bulan setelah kemerdekaan Burma, Burma Muslim meminta Kongres untuk mengundurkan diri yang keanggotaan dari AFPFL. Menanggapi bahwa U Khin Maung Lat, Presiden baru BMC, memutuskan untuk menghentikan kegiatan Agama Islam dari BMC dan bergabung dengan AFPFL. Kemudian ia menjadi Menteri Kehakiman tetapi tidak lagi mewakili keinginan masyarakat Muslim Burma. Yang baru terbentuk Burma Liga Muslim meminta departemen pemerintah khusus untuk urusan Muslim untuk menentukan masa depan mereka sendiri, sama seperti untuk minoritas lain, yang telah Ministries Yangon dan pemerintah di negara-negara mereka Nu. U menghilangkan Muslim Burma Kongres dari AFPFL pada tanggal 30 September 1956. U Nu menetapkan Buddhisme Kemudian sebagai agama negara Burma melawan kehendak minoritas etnis dan berbagai organisasi keagamaan termasuk Burma Muslim Nu. U, seorang penganut Budha yang taat, yang ditekan oleh pedagang Hindi berpengaruh dan kaya yang memerintahkan larangan dari pemotongan ternak. Meskipun ia santai bahwa selama Edd Kurbani (Hariraya Haji), umat Islam harus mengajukan permohonan ijin untuk setiap ternak dan ketat mengikuti prosedur di bawah pengawasan polisi. Meskipun Jenderal Ne Win dicabut urutan pertama dan membiarkan pembantaian sapi untuk konsumsi sehari-hari, urutan kedua dari pembatasan ketat untuk korban tetap sampai dengan saat ini. sebuah masjid resmi Bahkan yang gagal untuk mematuhi jumlah ternak yang diizinkan ditangkap dan dihukum. Beberapa Muslim mengeluh bahwa pemerintah U Nu itu telah membuat kondisi yang lebih sulit dan peraturan untuk ibadah haji dari peziarah Buddha akan Sri Lanka dan Nepal.

Jumat, 26 Juli 2013

SEJARAH ISLAM DI CHINA

MAM YUNUS YANG sedang memeberi ceramah kepada para jemaah di majlis sembahyang sunat Aidilfitri, baru-baru ini.

HUBUNGAN antara China dan dunia Arab boleh dikesan seawal sebelum kurun pertama. Menurut rekod-rekod sejarah di China, Zhang Qian ialah seorang utusan khas Dinasti Han (206 Sebelum Masehi-220 Masehi) yang telah sampai ke negara Arab dengan sebuah karavan. Pada masa itu, negara Arab dipanggil ''Da Shi'' oleh orang Cina.

Lama kelamaan, hubungan sedemikian antara China dan Arab, ketika Islam muncul dan berkembang di Arab, berterusan pantas mencapai satu lagi tahap bersejarah sementara China tiba ke kemuncak tamadunnya dengan kemajuan dalam bidang ukiran, puisi, kerja logam dan kesusasteraan yang subur berkembang dalam zaman pemerintahan Dinasti Tang (618-908 Masihi).

Disebabkan ketiadaan bukti, tidak ada tarikh tepat yang dapat dinyatakan bila agama Islam tiba di China sungguhpun ada spekulasi bahawa Islam sampai ke China semasa zaman Rasulullah (613, 614 Masihi).

Bagaimanapun, satu rekod rasmi yang paling dipercayai ialah Buku Dinasti Tang Lama yang menceritakan bahawa utusan yang dihantar oleh Khalifah Usman (zaman Khalifah 644-656) membuat lawatan rasmi terhadap Tang GaoZu (raja Dinasti Tang).

Semenjak itu, persahabatan antara China dan negara-negara Islam dikembangkan oleh para utusan semasa lawatan-lawatan berkala.

Satu kejadian semasa Dinasti Tang - Pemberontakan An Si - menjadi satu kejayaan besar dalam sejarah meluaskan perkembangan Islam. Pada tahun 755 Masihi, kumpulan pemberontak An Si menawan banyak bandar besar di China. Tang Xuan Zun (raja) dipaksa bersara dan melarikan diri ke wilayah Sichuan. Anak lelakinya dilantik sebagai raja baru (Tang Xuzun) dan tidak lama selepas itu, raja baru berkenaan memohon tentera berkuda yang kuat dari negara-negara Islam yang berjiran dengannnya di Asia Tengah untuk campur tangan tentera.

Akhirnya, tentera Kerajaan China yang bersekutu dengan tentera berkuda Islam, menghancurkan pemberontakan itu dan Tang Xuzun (Raja Baru) kembali ke ibu negara, Xian. Dengan itu, raja tersebut amat menghargai bantuan orang Islam, dan daripada kembali ke negara masing-masing, dia membenarkan tentera Islam tinggal di sebuah daerah (Fang) di ibu negara itu dan perkahwinan campur dengan wanita China juga dibenarkan.

Dinasti Tang (618-908) dan Dinasti Song (960-1279) merupakan tempoh aman dan kreatif. Hubungan dagang antara Arab dan China semakin kuat. Bukti perdagangan ini dengan pedagang Arab dan Parsi di bandar-bandar besar boleh ditemui dalam buku-buku kesusasteraan dan sejarah mengenai zaman itu.

Pedagang-pedagang Arab membina sebuah masjid di Guang Zhou di selatan China dan beberapa buah masjid lain dibina oleh kerajaan. Sebahagian nama masjid itu diberikan oleh maharaja yang memerintah China pada masa itu. Masjid yang namanya diberi oleh maharaja mempunyai signifikasi besar kepada minoriti Islam, kerana pengiktirafan dan penghargaan sedemikian daripada pihak berkuasa tertinggi sesungguhnya merupakan sesuatu yang luar biasa.

Semasa Dinasti Yuan (1279-1368), China diperintah oleh kerajaan Mongol dengan Kublai Khan menduduki takhtanya di Beijing pada 1293. Kerajaan Yuan melaksanakan satu dasar yang memihak kepada penduduk etnik Islam. Orang Islam menikmati status sosiopolitik yang tinggi semasa dinasti ini kerana mereka termasuk dalam kategori minoriti bersama dengan orang Mongol.

Sebaliknya, pada tahun 1253 selepas menawan Baghdad, orang Mongol menjadikan askar Arab dan Parsi sebagai askar kerahan mereka dan menghantar askar-askar itu ke China. Askar Arab dan Parsi ini kemudiannya kekal menetap di beberapa tempat di China dan berkahwin dengan penduduk di situ. Seorang Islam terkenal yang berkhidmat sebagai pegawai berpangkat tinggi ialah Saidian Chi Zansi Al Din, seorang jeneral di wilayah Yunan di China.

Satu pepatah Cina ''Hui Hui (orang Islam) berada di merata-rata negara China semasa Dinasti Yuan'' mungkin boleh dijadikan gambaran terbaik mengenai penyebaran orang Islam dalam tempoh itu.

Pada 1368, orang Mongol disingkirkan ekoran penubuhan Dinasti Ming (1368-1644). Bagaimanapun, orang Islam terus aktif dalam bidang sosiopolitik. Pelayar Islam teragung, Zhen He juga hidup dalam zaman ini.

Penganut Islam veteran khususnya Jeneral Chang Yu Chun dan Hu Da Hei mendedikasi sebahagian besar hidup mereka untuk mewujudkan Empayar Ming.

Sehubungan itu, pada awal pembentukan Empayar Ming (1368), rajanya begitu menghargai pencapaian orang Islam dan kepercayaan mereka. Sebagai tanda penghargaan, beberapa buah masjid telah dibina oleh pihak berkuasa Ming. Malah Maharaja Ming sendiri telah menulis pengenalan mengenai Islam dalam artikel terkenal 100 perkataan yang digunakan untuk memuji Nabi yang disebar luas di kalangan orang Islam.

Dalam pada itu, hubungan perdagangan antara China dan dunia Arab semakin teguh ekoran para pedagang yang berulang alik menggunakan Jalan Sutera. Banyak juga pedagang Arab yang membuka kedai-kedai mereka di bandar-bandar besar di China. Kegiatan mereka ini digambarkan dalam buku-buku kesusasteraan pada zaman itu. China berkembang semula dalam tempoh 272 tahun pemerintahan Dinasti Ming.

Kejayaan orang Islam mencapai kemuncaknya selepas tujuh pelayaran Zhen He.

Zhen He (1371-1435) juga dikenali sebagai Ma Sanbao (nama biasa orang Cina Muslim) dan dilahirkan dalam sebuah keluarga Islam yang terpelajar. Datuk dan bapanya telah menunaikan haji sewaktu dia masih kecil.

Pada 1405, Maharaja Ming memulakan pelayaran antarabangsa untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara lain selepas Dinasti Ming telah sampai ke kemuncak kemakmuran komersial di sekitar China. Maharaja Ming memilih menteri kanannya, Zhen He untuk memenuhi cita-citanya.

Zhen He mengetuai armada terbesar di dunia pada ketika itu bersama Imam Ha San, para doktor dan kelasi (berjumlah 2,700 orang) yang belayar ke Asia Tenggara dan negara-negara Arab untuk lawatan muhibah.

Pada 1430, dia sekali lagi belayar dan tiba ke Laut Merah, mengunjungi Afrika Utara dan rombongannya yang terdiri daripada tujuh orang pegawai Islam turut menunaikan haji dan membawa lakaran rumah suci Kaabah di Mekah pulang ke China.

Pelayaran Zhen He sebanyak tujuh kali ke tenggara Pasifik telah mengukuhkan hubungan antara China dan negara-negara di Asia Tenggara, Afrika Utara dan Arab. Hasil pelayaran Zhen He, lebih 30 orang raja, sultan dan utusan khas telah berkunjung ke China. Zhen He meninggalkan banyak pengaruh sejarah dan namanya masih dikenang di negara-negara Asia Tenggara dan di negara China sehingga ke hari ini.

Dari Dinasti Ming (1368-1644) sehingga ke tempoh awal Dinasti Qing (1644-1911), pemikiran Islam berkembang bersama-sama jumlah penduduk Islam yang semakin bertambah.

Empat ahli falsafah terkemuka.

Wang Daixing (1584-1670), beliau membangunkan teori menegakkan Islam berbanding kebudayaan Cina. Dia begitu arif dalam pengetahuan klasik Cina dan dia menggunakannya untuk menerapkan nilai-nilai Islam selari dengan persekitaran Cina. Pemikirannya mempunyai gambaran pengaruh yang besar di kalangan masyarakat Islam sepanjang zaman.

Buku karyanya yang terkenal ialah Penjelasan Benar Mengenai Agama Sebenar (Islam) dan Pengajian Tinggi Qing Zhen (Islam)'.

Yusuf Ma Zhu (1640-1711),beliau dilahirkan di wilayah Yunan. Karyanya yang penting ialah Arah Islam yang bersangkut dengan sejarah, falsafah dan undang-undang Islam serta menekankan kefahaman Islam secara mengenali sifat-sifat Pencipta - Allah sebagai sumber asas semua pengetahuan.

Beliau juga membayangkan bahawa pelaksanaan prinsip Islam adalah satu langkah penting untuk mengubati penyakit sosial dan mengekalkan keadilan dan kemakmuran dalam masyarakat.

Liu Zhi (1665-1745), cendekiawan terkenal ini dilahirkan di Nanjing dan pengetahuan mendalamnya tentang Islam mendapat sanjungan tinggi di kalangan masyarat Islam dan juga bukan Islam China.

Karya akademiknya yang penting ialah Tian Fang Jian Li (Etika dalam Islam), satu-satunya buku karya Cina Muslim yang telah dihimpunkan dalam ensiklopedia yang paling dipercayai dan diluluskan kerajaan, Si Ku Quan Shu, semasa pemerintahan Dinasti Qing. Ini boleh dianggap satu pengiktirafan para cendekiawan tradisi Cina atas kejayaannya yang mengagumkan dalam memahami sifat manusia dari perspektif Islam.

Yusuf Ma Dexin (1794-1874), Beliau pula terkenal kerana kefasihan dan pengetahuannya dalam kedua-dua bahasa Arab dan Parsi serta pengetahuan mendalamnya mengenai Islam. Beliau menterjemahkan kitab suci al-Quran. Beliau juga menulis banyak buku Islam dalam bahasa Arab dan Parsi.

Pada 1841, beliau menunaikan haji dan tinggal di negara Arab selama lapan tahun. Malangnya, pada usia 80 tahun, beliau dibunuh oleh rejim Qing kerana penglibatannya dengan pemberontakan orang Islam Yunnan (1862-1872) di China.

Karya akademiknya yang terkemuka ialah Kitab Ajaran Suci yang merupakan sebahagian terjemahan awal al-Quran, Nawahu dan Saierfu yang merupakan buku teks tata bahasa Arab, Gambaran Sejagat Huan Yu Shu Yao yang mengandungi pengetahuan mengenai kalendar Islam dan kandungan lain.

* Yusuf Lin Baojun ialah warganegara China beragama Islam berasal dari Lan Zhou, Gansu, China. Beliau kini menuntut di Universiti Islam Antarabangasa, Kuala Lumpur.

Oleh: YUSUF LIN BAOJUN

Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/info.asp?y=1998&dt=0313&pub=Utusan_Malaysia&sec=Rencana&pg=ot_01.htm#ixzz2Zl1SMmkU
© Utusan Melayu (M) Bhd