Pages

Subscribe:

Jumat, 04 November 2016

Atasi Kematian Belut Akibat Bakteri Aeromonas dan Pseudomonas Dengan Gedebog Pisang





Belut peliharaan Anda banyak yang mati? Permukaan tubuh belut terdapat bercak-bercak merah? Terjadi perdarahan pada bagian organ dalam seperti hati dan limpa? jika iya, kemungkinan besar belut Anda terserang bakteri Aeromonas atau Pseudomonas. Kedua jenis bakteri ini memang dapat menyebabkan penyakit secara sistemik sehingga jika tidak dilakukan penanganan segera akan menimbulkan kematian pada belut.
Gejala awal belut terserang infeksi bakteri ini biasanya ditandai dengan adanya pendarahan dibawah kulit, insang, rongga mulut bahkan terkadang menjalar hingga ke seluruh tubuh (terdapat bercak-bercak merah), lendir berkurang akibat sekresi yang berlebihan bahkan sebagian tubuhnya terasa kering/kasar. selain itu terjadi pembengkakan pada hati, limpa dan empedu. Belut yang sudah terserang bakteri ini akan kehilangan keseimbangan dan lemas sehingga belut cenderung diam dengan posisi “terlentang” (posisi perut diatas) kemudian dalam beberapa hari akan mati.
Sebenarnya.. gejala-gejala tersebut diatas, masih bisa diatasi dengan pemberian obat antibiotik (seperti Ampicillin atau amoksilin) namun penggunaan obat antibiotik ini jika dosisnya kurang tepat, hanya akan menambah “penderitaan” belut saja. Namun sebagai alternatifnya, obat antibiotik ini bisa digantikan dengan memanfaatkan gedebok pisang yang sudah mengalami pembusukan.
Gedebog pisang merupakan media antiseptik yang dipercaya mampu meredam pertumbuhan bakteri Aeromonas dan Pseudomonas. Selain itu, gedebog pisang juga berpotensi menimbulkan cacing-cacing kecil yang notabene merupakan salah satu makanan berprotein tinggi bagi belut.
Agar gedebog pisang yang digunakan tidak membahayakan kehidupan belut, perlu dilakukan pemrosesan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan kedalam kolam, hal ini sangat penting, lebih-lebih jika gedebog pisang tersebut masih baru/segar karena efek dari getah yang dihasilkan akan menyebabkan air menjadi asam.
Penggunaan gedebog pisang ini juga sangat bermanfaat dalam menekan angka kematian pada saat belut di kolam penampungan. Menurut pengalaman kami, belut dalam penampungan akan mampu bertahan hingga 2 bulan lebih hanya dengan menambahkan gedebog pisang yang sudah diproses dan sedikit aliran air dengan debit kecil.
Selamat mencoba !!
Mungkin artikel ini yang Anda cari;

0 comments: